Sistem Operasi Windows 10X untuk Laptop Layar Ganda Microsoft

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Kamis, 03/10/2019 01:21 WIB
Sistem Operasi Windows 10X untuk Laptop Layar Ganda Microsoft Windows. (Drew Angerer/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Salah satu penggiat media sosial asal Amerika Serikat, Evan Blass mengungkapkan Microsoft akan menyematkan sistem operasi terbaru mereka yakni Windows 10X pada perangkat laptop layar ganda.

Windows 10X merupakan sistem operasi ringan yang dirancang khusus untuk produk laptop layar ganda terbaru Microsoft. Seperti dikutip The Verge, perusahaan memberi nama produk baru mereka itu dengan Centaurus yang dijadwalkan bakal meluncur akhir tahun 2019.

Microsoft menginginkan Windows 10X atau Windows 10 itu dapat bersaing dengan Chromebook dan iPad Pro.


Sistem operasi terbaru Microsoft itu diketahui mirip dengan OS Windows yang saat ini tersedia. Selain itu, terciptanya Windows 10X berkat dorongan dari perusahaan cipset raksasa, Intel.
Dilansir Windows Central, perangkat Centaurus dapat berubah menjadi laptop maupun tablet. Perusahaan pun menyebut, Centaurus bakal didukung prosesor dari Intel dan dapat menjalankan aplikasi x86.

Kepala Divisi Surface Panos Panay mengatakan Centaurus dibuat guna memberikan kemudahan kepada pelanggannya. Maka, ukuran Centaurus dibuat agar dapat masuk ke saku celana.

Centaurus bakal dilengkapi dengan Surface Pen dan memiliki keyboard berbasis layar sentuh. Menariknya, Microsoft juga berupaya untuk memajukan konstruksi engsel pada Centaurus.
Selain itu, perusahaan juga diketahui sudah menghentikan proyek ponsel lipat 'Andromeda' untuk fokus pada pengerjaan laptop Centaurus. Sebelumnya, Microsoft dikabarkan akan meluncurkan perangkat lipat dengan sistem operasi Android. Perangkat yang masih misterius ini rencananya bakal diluncurkan tahun depan.

Perangkat ini dikabarkan akan berjalan dalam sistem SoC Lakefield 10nm Intel dan memiliki konektivitas selalu aktif, bisa LTE atau 5G dan secara alami perangkat akan menjalankan OS Windows Core. (din/age)