BMKG Prediksi Curah Hujan Oktober Masih Rendah

CNN Indonesia | Rabu, 02/10/2019 18:25 WIB
BMKG Prediksi Curah Hujan Oktober Masih Rendah Ilustrasi (Ye Aung THU / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi curah hujan selama bulan Oktober 2019 di seluruh wilayah Indonesia masih dalam kategori rendah hingga sedang.

Kepala Bidang Analisis Variabilitas Iklim BMKG Indra Gustari mengatakan hujan kategori sedang berada di wilayah utara. Daerah yang berpotensi hujan adalah Aceh dan Sumatra Utara, sebagian Kalimantan, sebagian Sulawesi, dan Papua.

"Potensi hujan untuk daerah Lampung masih rendah di bulan Oktober ini. Bukan berarti tidak ada hujan, hanya intensitasnya masih rendah," jelas Indra dalam Diskusi Media Forum Merdeka Barat (FMB) 9 di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta Pusat, Rabu (2/10).


Lebih lanjut, Indra mengatakan BMKG memprediksi dalam enam bulan ke depan, musim hujan akan terjadi merata di Indonesia mulai November.

Musim hujan 2019/2020 akan terjadi pada Januari hingga Februari. Sedangkan pada Februari-Maret curah hujannya makin tinggi tapi Sumatera bagian utara mulai menurun.

"Di November sebagian Jawa sudah mulai hujan walaupun kriterianya menengah. Desember sebagian besar sudah masuk hujan. Sedangkan Januari sampai Februari adalah sebagai puncak musim hujan tahun 2019-2020," ujar Indra.

Sebelumnya, Indra mengatakan daerah yang harus diwaspadai terjadi curah hujan tinggi adalah Papua, Sumatera Utara dan Provinsi Aceh.Daerah ini harus diwaspadai di masa-masa saat terjadi puncak musim hujan.

Ia mengatakan menghadapi kondisi puncak hujan, perlu diwaspadai wilayah yang rentan terhadap bencana yang ditimbulkan oleh curah hujan yang tinggi yaitu banjir dan tanah longsor. (jnp/eks)