Pompa Bahan Bakar Rusak, Xpander di Vietnam Ditarik

M. Ikhsan, CNN Indonesia | Rabu, 02/10/2019 20:01 WIB
Pompa Bahan Bakar Rusak, Xpander di Vietnam Ditarik Mitsubishi Xpander hasil produksi pabrik Mitsubishi Cikarang, Jawa Barat. (Foto: CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mitsubishi Xpander yang dipasarkan di Vietnam ditarik karena ada kerusakan pada fuel pump atau pompa bahan bakar. Periode penarikan dimulai dari Selasa, 1 Oktober 2019 hingga 30 September 2021.

Xpander yang dikategorikan low MPV hasil produksi pabrik Mitsubishi Cikarang, Jawa Barat.

Mitsubishi Motors Vietnam (MMV) selaku agen pemegang merek Mitsubishi di Vietnam memasarkan MPV Xpander pada 2018, atau setahun pasca mobil diproduksi di pabrik Cikarang. Selain Vietnam, Xpander juga diekspor ke Filipina.


Mengutip vnexpress.net, Rabu (2/10), MMV akan mengganti pompa bahan bakar pada 14.051 Xpander yang terkena dampak recall dan menjanjikan gratis untuk penggantian komponen penyuplai bahan bakar tersebut.

Pihak Mitsubishi Vietnam menjelaskan terdapat kerusakan pada komponen impeller plastik (pompa pendorong) yang berada di dalam pompa bahan bakar yang mengakibatkan pompa berhenti berputar. Kondisi ini menyebabkan suplai bensin ke mesin terhenti dan praktis mesin sulit dinyalakan karena tidak ada asupan BBM.

Sebelum terjadi recall, Xpander sudah dikeluhkan konsumen di Vietnam atas kasus mesin mendadak mulai Mei 2019. Beberapa hari sebelumnya mesin Xpander mati mendadak juga dikeluhkan konsumen di Filipina. Pada masa itu Mitsubishi melakukan evaluasi teknis pompa bahan bakar.

Klaim perusahaan penggantian fuel pump diperkirakan akan memakan waktu 72 menit.

Menurut angka Asosiasi Produsen Otomotif Vietnam, Mitsubishi berhasil menjual 16.386 kendaraan dalam delapan bulan pertama tahun ini dengan pangsa pasar 8,5 persen. Sementara itu dalam periode tersebut sebanyak 9.904 Xpander berhasil didistribusikan ke konsumen.

MMV menyebut seluruh Xpander yang diproduksi setelah 26 Agustus 2019, telah dilengkapi dengan pompa bahan bakar baru. (mik)