'Recall' Xpander di Vietnam Tak Menjalar hingga Indonesia

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Kamis, 03/10/2019 11:09 WIB
'Recall' Xpander di Vietnam Tak Menjalar hingga Indonesia Mitsubishi Xpander. (Foto: CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Sumba, CNN Indonesia -- Presiden Direktur Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Naoya Nakamura meyakini recall Xpander di Vietnam tidak akan menjalar hingga Indonesia. Kampanye perbaikan Xpander di Vietnam karena ada temuan kerusakan pada fuel pump atau pompa bahan bakar.

"Kami tahu Vietnam umumkan recall. Tapi di Indonesia kami tidak punya masalah yang sama soal itu," kata Presiden Direktur Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Naoya Nakamura ditemui di Sumba, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (3/10).

Mitsubishi Vietnam pada Selasa (1/10) resmi mengumumkan penarikan untuk 14.051 Xpander karena cacat pada bagian pompa bahan bakar.


Komponen impeller plastik (pompa pendorong) yang berada di dalam pompa bahan bakar Xpander disebut rusak sehingga pompa berhenti berputar. Kondisi ini membuat suplai bensin ke mesin terhenti, mesin pun sulit dinyalakan karena tidak ada asupan bahan bakar.

Nakamura menambahkan Xpander untuk kebutuhan ekspor dan pasar domestik menggunakan pompa bahan bakar yang sama, atau dari satu pemasok.

"Untuk supplier komponen antara domestik dan ekspor sama," ucap Nakamura yang enggan menjelaskan nama perusahaan penyokong pompa bahan bakar.

Ia juga belum dapat memastikan penyebab teknis pada komponen itu karena menurutnya harus dilakukan penyelidikan untuk mencari inti masalah.

"Jika saya bilang gitu (bahan bakar buruk), komentar itu akan sampai ke Vietnam dan mereka akan protes ke saya. Kami juga menunggu hasil dari Vietnam," ujar Nakamura.

Nakamura menjelaskan sejauh ini tidak ada keluhan yang sama dari konsumen Xpander di dalam negeri. Kendati demikian pihak MMKSI mengaku bakal bersedia melayani konsumen di Indonesia jika ada masalah yang sama.

"Namun hingga saat ini kami tidak menemukan apapun masalah itu di Indonesia. Tapi di Vietnam sudah recall," ucapnya.

Mitsubishi mulai mengapalkan Xpander secara utuh ke Vietnam pada 2018. Selain Vietnam, Mitsubishi Indonesia juga mengekspor Low Multi Purpose Vehicle (MPV) tersebut ke Filipina. Xpander yang diekspor merupakan hasil produksi pabrik Mitsubishi Cikarang, Jawa Barat. (ryh/mik)