Google Perbaharui Privasi YouTube, Maps dan Assistant

Tim CNN Indonesia, CNN Indonesia | Kamis, 03/10/2019 10:37 WIB
Google Perbaharui Privasi YouTube, Maps dan Assistant Ilustrasi logo. (CNN Indonesia/Agnes Savithri)
Jakarta, CNN Indonesia -- Google melakukan pembaharuan pengaturan privasi baru untuk beberapa aplikasinya seperti YouTubeMaps dan Assistant. Dikutip dari TechRadar, pembaharuan ini merupakan upaya untuk memberikan pengguna lebih banyak kontrol atas privasi mereka secara online.

Google menambahkan mode penyamaran atau 'incognito' untuk Google Maps. Fitur ini sudah ditambahkan pada YouTube sejak awal tahun.

Jika pengguna mengaktifkan mode penyamaran, maka aktivitas yang mereka lakukan tidak terekam dalam perangkat dan akun Google. Mode ini seolah 'menghalangi' untuk merekam jejak penggunanya dan tidak bisa lagi mempersonalisasi pengalaman di Maps.
TechCrunch menulis mode ini bisa diakses melalui menu yang muncul saat pengguna memilih opsi foto profil di Maps. Fitur ini diluncurkan untuk Android pada bulan ini dan iOS akan menyusul.


Sementara itu, YouTube memiliki tambahan fitur yang bisa menghapus secara otomatis riwayat pribadi. Artinya, pengguna dapat mengatur periode yang diinginkan agar riwayat tetap tersedia seperti tiga atau 18 bulan.

Selebihnya akan dihapus secara otomatis. Google pun menyediakan opsi untuk pengguna menghapus secara manual.
Terakhir, Google Assistant mendapatkan pembaruan yang memungkinkan pengguna untuk memahami dan mengelola data yang disimpan oleh asisten pribadi mereka. Dalam beberapa minggu mendatang, pengguna akan dapat menghapus data dari akun hanya dengan meminta Asisten untuk melakukannya.

Pengguna tinggal mengatakan:

"Hai Google, hapus semua yang saya katakan kepada Anda minggu lalu".
Jika pengguna perlu menghapus lebih jauh dari seminggu, Asisstant akan mengarahkan halaman pengaturan akun, tempat pengguna dapat mewujudkannya.

Walaupun sedikit lebih rumit, tetapi setidaknya menempatkan pengaturan dalam jangkauan yang lebih dekat daripada sebelumnya. (age/age)