Audi Kembangkan 3 Mobil Listrik dengan Platform MEB VW

M. Ikhsan, CNN Indonesia | Senin, 07/10/2019 09:29 WIB
Audi Kembangkan 3 Mobil Listrik dengan Platform MEB VW Ilustrasi. (Foto: AP Photo/Michael Probst)
Jakarta, CNN Indonesia -- Audi semakin siap memasuki era kendaraan listrik. Produsen otomotif asal Jerman itu dikabarkan tengah menyiapkan tiga kendaraan listrik menggunakan arsitektur modular electric drive matrix (MEB) grup VW.

Kendaraan pertama yang menggunakan platform tersebut adalah ID.3 yang diklaim akan memasuki jalur produksi pada bulan depan dan kemudian bergabung dengan seluruh keluarga model berbasis MEB dari VW.

Model pertama MEB Audi akan menjadi versi produksi akhir dari Q4 E-Tron Concept yang diluncurkan kembali di Geneva Motor Show 2019 pada Maret dilansir dilansir dari Carscoops, Senin (7/10).


Desainer eksterior Audi, Wolf Seebers baru-baru ini mengungkapkan bahwa konsep ini sudah siap 97 persen dan diprediksi perubahan paling signifikan adalah penyesuaian pegangan pintu, kaca spion, dan roda yang lebih kecil.

Mobil ramah lingkungan tidak terhenti pada Q4 E-Tron. Menurut manajer proyek MEB Markus Jeschke, ada dua model lain yang sedang digarap untuk bersaing dengan merek global, seperti BMW, Mercedes-Benz, Tesla dan Toyota.

"Kami dapat membayangkan versi sporty [dari Q4] dan sedan," katanya kepada Autoblog.

Bukan hanya arsitektur MEB yang akan digunakan Audi untuk kendaraan listriknya di masa depan. Pemanufaktur saat ini bekerja bersama Porsche untuk mengembangkan platform listrik baru yang dijuluki 'PPE'.

Salah satu perbedaan utama dengan platform MEB, PPE memiliki teknologi motor listrik belakang yang dapat bergabung dengan motor listrik depan dengan konsep penggerak semua roda (all-wheel drive/AWD). (mik)