Suzuki Cek 'Mobil Murah' S-Presso Sesuai Selera Indonesia

CNN Indonesia | Senin, 07/10/2019 15:24 WIB
Suzuki Cek 'Mobil Murah' S-Presso Sesuai Selera Indonesia Suzuki S-Presso. (marutisuzuki.com)
Jakarta, CNN Indonesia -- Suzuki Indomobil Sales (SIS) menyatakan mempelajari produk baru di India bernama S-Presso untuk dijual di dalam negeri. Produk teringan yang ukurannya lebih kecil dari Karimun Wagon R itu punya salah satu faktor menarik, yakni dijual mulai 369 ribu rupee atau sekitar Rp73 jutaan.

S-Presso dirancang menggunakan platform generasi baru Suzuki bernama Heartech yang orientasinya memangkas bobot mobil untuk menambah efisiensi bahan bakar. Platform ini juga dipakai jadi basis generasi baru Ertiga, Ignis, dan Baleno.

S-Presso yang diklasifikasikan Suzuki India sebagai SUV ini dibekali mesin bensin 3-silinder 988 cc dengan tenaga 67 hp dan torsi 90 Nm. Pilihan transmisi yang ditawarkan manual 5-percepatan dan Auto Gear Shift (AGS).


S-Presso bisa jadi pilihan baru dari Suzuki untuk masyarakat Indonesia. Posisinya mungkin bisa diletakkan di bawah Karimun Wagon R yang notabene produk mobil murah alias Low Cost Green Car (LCGC)

Direktur Pemasaran Suzuki Indomobil Sales (SIS) Donny Saputra yang dimintai pendapat soal S-Presso mengatakan belum bisa berkomentar. Meski begitu Head of Brand Development and Marketing Research SIS Harold Donnel mau bicara.

Menurut Harold peluang S-Presso di Indonesia mesti dikaji lebih dalam oleh internal perusahaan.

"Ini kami mesti studi mendalam dulu karena kan tidak bisa subjektif," kata Harold melalui pesan singkat saat dihubungi, Senin (7/10).

Harold menyampaikan sampai saat ini perusahaan belum melakukan pergerakan apapun untuk memboyong S-Presso ke Indonesia. Kata dia mesti ada kajian lebih dulu untuk memastikan mobil tersebut cocok atau tidak mengaspal di dalam negeri.

"Setiap negara punya pasarnya sendiri-sendiri. Jadi mesti di-'cek and ricek' dulu apakah kendaraan itu bisa masuk ke 'taste' Indonesia. Kalau ada update, kami kabari," kata Harold. (ryh/fea)