Nissan Tunjuk CEO Baru

afp, CNN Indonesia | Selasa, 08/10/2019 20:26 WIB
Nissan Tunjuk CEO Baru Logo Nissan. (Foto: Dok. Nissan Motor Indonesia)
Jakarta, CNN Indonesia -- Nissan Motor Co menunjuk Makoto Uchida sebagai presiden dan CEO baru. Uchida menggantikan Hiroto Saikawa yang mengundurkan diri pada 16 September.

Uchida menjadi orang berpengalaman di Nissan, sebelumnya menjabat sebagai kepala operasi China sejak 2018. Ia efektif menjadi CEO Nissan per 1 Januari 2020, kata perusahaan dilansir AFP, Selasa (8/10).

"Dewan menyimpulkan bahwa Uchida adalah pemimpin yang tepat untuk membuat perusahaan agar lebih maju," kata ketua Yasushi Kimura.


Uchida akan mengambil alih pimpinan dari Yasuhiro Yamauchi sebagai Pelaksana Tugas (Plt) sejak Saikawa mundur pada 16 September. Sebelumnya Saikawa menyatakan mundur karena diduga dirinya telah menerima aliran dana dari kompensasi saham pada 2013.

Pria kelahiran 53 tahun silam ini cukup berpengalaman mengatur strategi bisnis perusahaan aliansi Nissan-Renault di China. Ia mengantar perusahaan ke persaingan lebih baik di saat banyak mempekerjakan anak muda dalam perusahaan.

Uchida telah bergabung dengan perusahaan sejak 2003. Ia dilaporkan sebagai 'kunci' untuk pertumbuhan Nissan. Ia diharapkan bisa mengembalikan Nissan ke performa semula sebagai perusahaan otomotif asal Jepang yang inovatif. 

Selain itu, Uchida diharapkan bisa memperkuat hubungan Nissan-Renault dan Mitsubishi yang dalam beberapa bulan terakhir diisukan agak 'renggang' imbas dari kasus Carlos Ghosn yang didakwa atas empat tuduhan dugaan pelanggaran keuangan di Jepang. Ghosn ditangkap pada 2018.

Uchida mengemban tugas cukup berat di saat perusahaan mengurangi insentif, biaya promosi dan rencana memangkas produksi global sebesar 10 persen hingga 2023 hingga PHK 12.500 pekerjaan.

Perusahaan juga mengumumkan Ashwani Gupta, mantan eksekutif Nissan dan Renault yang saat ini sebagai COO dari mitra aliansi Mitsubishi Motors Corp, akan menjadi COO Nissan.

[Gambas:Video CNN] (mik)