Samsung Diduga Bakal Pasang Kamera Periskop di Galaxy S11

CNN Indonesia | Rabu, 09/10/2019 11:35 WIB
Samsung Diduga Bakal Pasang Kamera Periskop di Galaxy S11 Cara kerja lensa periskop adalah dengan membelokkan gambar yang ditangkap degan cermin ke lensa yang berjejer memanjang vertikal di bodi ponsel(Oppo)
Jakarta, CNN Indonesia -- Samsung Galaxy S11 menurut sejumlah sumber diduga akan dipasang kamera dengan lensa periskop yang mampu mengambil gambar hingga 5x optical zoom. Dilansir dari media lokal Korea Selatan, TheElec, Samsung melalui rekanannya MecaTech akan melakukan uji soket terhadap kamera periskop tersebut.

Uji soket biasanya digunakan untuk melakukan pemeriksaan akhir perangkat sebelum akhirnya dikirim untuk diproduksi massal. MecaTech membuat kamera smartphone reguler selain Cams periskop, bersama dengan modul Time of Flight(ToF).

Galaxy S11 ini nantinya menurut Sammobile selain akan memiliki optikal zoom 5x juga akan memiliki sensor kamera hingga 108MP ISOCELL Bright HMX. Jika benar, hal tersebut menjadi peningkatan yang cukup signifikan karena sensor pada Galaxy S10 hanya 12MP.


"Kami memiliki berbagai solusi pengujian untuk kamera ponsel cerdas, sensor ToF, dan kamera lipat," kata seorang pejabat MecaTech pada TheElec. "Semakin sulit untuk mengembangkan teknologi dan solusi baru karena semakin banyak dan jenis kamera, tetapi kami sangat bersemangat memimpin pasar."

Lensa periskop merupakan salah satu inovasi terbaru dalam dunia fotografi ponsel. Lensa ini dibuat agar ponsel bisa melakukan perbesaran lebih canggih lagi. Sebab pada fotografi agar kamera bisa melakukan perbesaran lebih tinggi, diperlukan lensa berlapis sehingga membuat lensa kamera menjadi panjang.

Padahal, bodi kamera tidak tebal, pun akan buruk secara estetik jika bagian kamera jadi menyembul. Sehingga, solusinya lensa kamera pun dibelokkan seperti huruf L dan diberi cermin layaknya periskop. Sehingga, teknologi ini dapat memampatkan lensa zoom ke dalam ponsel yang berbodi tipis.

Jejeran lensa yang lebih banyak ini membuat ponsel bisa mengambil gambar zoom lebih jauh tanpa mengorbankan kualitas gambar. Pada kamera periskop yang dikembangkan Samsung, disebutkan kamera ini bisa mengambil gambar hingga 5x zoom.

Selain itu, Samsung juga dikabarkan akan meningkatkan performa kameranya pada kondisi low light. Sebelumnya, teknologi kamera periskopik juga telah dirilis oleh kompetitor Samsung yaitu misalnya Huawei melalui ponsel P30 Pro dan OPPO Reno.

Dilansir dari Forbes, Samsung Galaxy S11 juga dikabarkan akan memiliki sistem keamanan yang dapat membuat iPhone 11 ketinggalan zaman. Pasalnya saat ini Samsung telah mematenkan teknologi yang memungkinkan pembacaan sidik jari pengguna saat pengguna memasukkan PIN. Berarti, teknologi ini dapat menjalankan two-step verification (2FA) dalam satu langkah.

Walaupun masih rumor, jika teknologi tersebut akan diterapkan, maka diperlukan sensor sidik jari yang lebih besar. Galaxy S11 ini dikabarkan akan segera rilis pada Februari 2020 mendatang. (ndn/eks)