Spesifikasi SUV yang Angkut Wiranto setelah Ditusuk

M. Ikhsan, CNN Indonesia | Kamis, 10/10/2019 14:45 WIB
Spesifikasi SUV yang Angkut Wiranto setelah Ditusuk Menko Polhukam Wiranto. (Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menko Polhukam Wiranto ditusuk orang tak dikenal saat berkunjung ke Pandeglang, Banten, Kamis (10/10). Polisi telah mengamankan pelaku penusukan.

Setelah aksi penusukan terjadi, Menkopulhukam Wiranto sempat rubuh ke tanah beberapa saat sebelum digotong dan dimasukkan ke dalam mobil dengan eksterior kelir hitam.

Jenis mobil yang membawa Menkopulhukam Wiranto adalah Toyota Land Cruiser Prado keluaran terbaru atau generasi kelima. Mobil ini didesain 'jangkung' untuk mengakomodir ketika beraksi di lintasan dua alam, baik onroad dan offroad.




Sport Utility Vehicle
(SUV) Prado yang digunakan Purnawirawan TNI itu satu platform dengan Lexus GX 460.

Di dunia ada dua macam SUV Land Cruiser yaitu Land Cruiser yang berprofil besar, dan yang lebih kecil disebut Land Cruiser Prado. Soal fitur, antara sudah pasti Land Cruiser dan Prado memiliki fitur yang berbeda.

Toyota Land Cruiser Prado diproduksi di sejumlah negara seperti Jepang, China, India, Rusia. Untuk konsumennya, raksasa otomotif Jepang menyediakan beberapa pilihan mesin bensin, mulai 2.700 cc tipe 2TR-FE hingga mesin bensin 4.000 cc 1GR-FE berkonfigurasi V6.




Untuk mesin dieselnya hanya tersedia dua pilihan yakni kapasitas 2.800 cc dan 3.000 cc. Untuk konsumen di Indonesia, umumnya Prado menggunakan mesin kecil atau mesin diesel 2.800 cc.

Prado punya dimensi panjang 4.825 mm, lebar 1.885 mm, tinggi 1.845-1.890 mm dengan wheelbase 2.790 mm dengan. Dalam sejarahnya, mobil ini dikenal tanggung untuk dibawa berpetualang.

Berdasarkan situs resmi Toyota-Astra Motor (TAM), saudaranya, yaitu Toyota Land Cruiser mesin 4.461 cc dijual dengan harga Rp2,059 miliar. (mik)




ARTIKEL TERKAIT