Telkomsel: Layanan Seluler Digital Tak Gerus Penjual Eceran

Tim CNN Indonesia, CNN Indonesia | Jumat, 11/10/2019 04:50 WIB
Telkomsel: Layanan Seluler Digital Tak Gerus Penjual Eceran Dirut Telkomsel Emma Sri Martini. (CNN Indonesia/Agnes Savithri)
Jakarta, CNN Indonesia -- Telkomsel sasar generasi milenial dengan meluncurkan layanan seluler prabayar digital "by.U" yang menyediakan pengalaman digital end-to-end.

by.U meliputi seluruh proses penggunaan layanan, mulai dari pemilihan opsi pesan antar nomor telepon, kuota internet (2G,3G, dan 4G), dan kuota tambahan (topping).

Pembeli bisa memesan dan membeli kartu sim melalui aplikasi. Nantinya, kartu prabayar tersebut akan dikirimkan ke alamat pembeli.


"Kehadiran by.U sebagai layanan seluler prabayar digital yang mengutamakan customer centricity dalam mengembangkan produk dan layanan digital berkualitas bagi pelanggan," kata Direktur Eksekutif Telkomsel Emma Sri Martini di Jakarta, Kamis (10/10).

Emma mengungkap penjual nomor eceran tidak akan tergerus dengan hadirnya aplikasi by.U. Sebab, aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk membeli kuota dan kartu SIM tanpa datang langsung ke konter pulsa.
"Tradisional channel yang sekarang ada tidak akan tergerus karena yang seperti tadi saya sampaikan, aplikasi by.U ditujukan untuk anak muda yang digital savvy [serba digital] jadi dia tidak mau datang langsung ke outlet," tambah Emma.

Lebih lanjut kata Emma, gerai Telkomsel seperti GraPari ditujukan untuk pengguna yang lebih memilih membeli pulsa ataupun kartu SIM langsung ke outlet.

"Segmentasi konsumen yang masih sangat tradisional, mereka masih lebih suka datang ke outlet misal Grapari untuk membeli pulsa," tuturnya.

General Manager Digital Market Place Telkomsel, Trio Lumbantoruan mengatakan saat ini aplikasi by.U baru tersedia di Google Play. Sementara layanan pesan antar kartu SIM hanya tersedia di beberapa kota besar dan universitas.

"Pada tahap awal, by.U tersedia di beberapa daerah seperti Bogor, Sukabumi, Cianjur, Depok serta beberapa kampus yaitu Universitas Indonesia, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, dan Universitas Brawijaya," ujarnya.
Selain itu, saat meluncurkan versi beta, Trio mengklaim pengguna by.U telah mencapai 8.182 pengguna. Hal ini dilakukan untuk mendengarkan umpan balik dari pengguna sebelum aplikasi by.U resmi dipakai secara masif.

Lebih lanjut Trio menerangkan ketika pengguna ingin membeli kartu SIM dan paket data internet melalui aplikasi by.U, pembayaran dapat dilakukan melalui LinkAja, GoPay, DANA, dan OVO.

Ada tiga paket kuota utama yang ditawarkan Telkomsel melalui aplikasi by.U, yaitu Yang Bikin Nyaman (2GB/3 hari) dibanderol Rp9 ribu, Yang Bikin Happy (4GB/7 hari) Rp20 ribu, dan Yang Bikin Nagih (30GB/30 hari) Rp50 ribu.

Sedangkan kuota tambahan (topping) terdiri dari Instagram (3GB/30 hari) Rp12,500, Youtube (3GB/30 hari) Rp12,500, WhatsApp (2GB/30 hari) Rp8,500, Facebook (2GB/30 hari) Rp8,500, Spotify (2GB/30 hari) Rp8,500, dan Joox (2GB/30 hari) Rp8,500.

"Kami tahu saat ini banyak pembayaran digital, maka untuk membeli kartu SIM dan kuota internet bisa bayar pakai LinkAja, GoPay dan pembayaran elektronik lainnya," tuturnya.

"Setelah memilih paket data dan kartu SIM, masukkan alamat rumah lalu pilih pembayaran. Pengiriman kartu SIM melalui kurir J&E," lanjut Trio. (din/age)