Gim Call of Duty Pecahkan Rekor Hingga 100 Juta Unduhan

CNN Indonesia | Jumat, 11/10/2019 16:14 WIB
Gim Call of Duty Pecahkan Rekor Hingga 100 Juta Unduhan Ilustrasi. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gim Call of Duty Mobile telah mengumpulkan lebih dari 100 juta unduhan peluncuran perdananya pekan lalu. Dikutip dari The Independent, jumlah unduhan ini membuat gim ini menjadi gim mobile paling terpopuler sepanjang masa.

Angka yang dirilis oleh firma riset pasar Sensor Tower mengungkapkan permainan memecahkan rekor sebelumnya adalah Mario Kart Tour, yang mencapai 90 juta unduhan pada pekan pertamanya.

Gim seluler populer lainnya seperti PUBG Mobile dan Fortnite, masing-masing meraih 28 juta dan 22,5 juta unduhan dalam tujuh hari pertama. Mayoritas unduhan Call of Duty berasal dari iOS, dengan pengguna iPhone menyumbang 57 juta unduhan shooter gratis untuk bermain Activision.
Dalam tiga hari peluncurannya pada 1 Oktober, Call of Duty Mobile mencapai puncak tangga aplikasi iOS di lebih dari 100 negara. Presiden Activision, Rob Kostich menggambarkan popularitas permainan itu luar biasa.


Data Sensor Tower juga mengungkapkan jumlah pendapatan yang dihasilkan oleh Call of Duty Mobile, dengan setiap unduhan membawa sekitar US$0,17 per pemain melalui transaksi dalam game.

"Apple App Store menyumbang US$9,1 juta dalam pendapatan, atau 53 persen, sementara pengguna Android menghabiskan US$8,3 juta, atau 47 persen," kata posting blog Sensor Tower.
"AS sejauh ini merupakan penghasil pendapatan terbesar dari gelar tersebut, dengan para pemain di negara ini membelanjakan US$7,6 juta, atau 43,1 persen dari keseluruhan kotornya," papar riset Sensor Tower.

Popularitas permainan yang sangat besar menghasilkan masalah bagi beberapa pengguna. Beberapa permasalahan yang muncul adalah jumlah pemain pada waktu unduh yang lambat dan permainan gagal dimuat. (age)


BACA JUGA