Daftar Aplikasi yang Akan Rilis Fitur Dark Mode

CNN Indonesia | Minggu, 13/10/2019 19:16 WIB
Daftar Aplikasi yang Akan Rilis Fitur Dark Mode Ilustrasi (Istockphoto/Creative-Family)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah aplikasi akan merilis aplikasi mereka yang sudah dilengkapi dengan mode gelap. Beberapa aplikasi yang akan mengikuti jejak tren ini diantaranya adalah WhatsApp dan Facebook.

Padahal sebelumnya, mode gelap pada smartphone sudah lebih dulu dibawa oleh Microsoft lewat perangkat Windows Phone yang kini telah berhenti diproduksi.

Facebook


Walau Messenger dan Instagram telah mendukung mode gelap, Facebok sebagai induk justru belum juga mendukung mode ini. Dilansir dari 9to5Mac, Facebook masih dalam tahap uji coba mode gelap.

WhatsApp

Begitu pula dengan WhatsApp. Menurut WABetaInfo, saat ini WhatsApp tengah mengembangkan fitur tema yang menghadirkan tiga pilihan mode.



Selain mode gelap dan terang seperti biasanya, WhatsApp juga dikabarkan memberikan opsi 'System default' yakni menyesuaikan dengan mode ponsel. Hingga saat ini, belum diketahui kapan mode tersebut akan segera dirilis.

Chrome

Google juga telah merilis mode gelap pada aplikasi browsernya untuk Android, Desktop, juga iOS dan MacOS. Dark mode merupakan sebutan untuk desktop sementara dark theme digunakan untuk perangkat mobile.

Untuk aplikasi Chrome di perangkat Android hanya bekerja pada pada Android 10. Cara mengaktifkannya yaitu buka Pengaturan pada Chrome -> Settings -> Themes, kemudian pilih mode yang diinginkan yakni Dark, Light, atau System Default.

Sementara untuk perangkat komputer, mode gelap ini dapat digunakan pada Mac OS di atas 10.14 dan Windows 10 ke atas. Apabila perangkat Anda telah diatur ke mode gelap, Chrome akan otomatis menggunakan mode gelap.

Sayangnya, mode gelap ini belum tersedia untuk produk Apple seperti iPhone dan iPad.

Gmail

Google mengumumkan telah merilis mode gelap untuk Gmail iOS dan Android pada 24 September lalu. Dibutuhkan waktu dua minggu hingga semua orang dapat menggunakan mode ini. Jika Anda menggunakan iOS 13 atau Android 10, maka Gmail Anda akan otomatis mengikuti pengaturan mode yang saat itu sedang digunakan.

Namun ada cara manual yang dapat dilakukan, Cara mengaktifkannya pada Android 10 yakni mengklik hamburger menu yang ada di kiri atas -> Settings ->General settings -> Theme -> Dark.

Untuk iPhone iOS 13, mode gelap dapat diaktifkan dengan cara mengklik menu hamburger di kiri atas -> settings -> theme -> dark.

Dilansir dari Forbes, penelitian pada penggunaan mode gelap menunjukkan baterai ponsel mampu bertahan lebih lama, apalagi bagi ponsel dengan layar OLED.

Piksel pada layar OLED akan mati apabila dalam mode gelap. Sayangnya, hal tersebut tidak akan terjadi pada ponsel yang masih menggunakan layar LCD. Ponsel terkini seperti iPhone X, XS, dan versi terbaru, Samsung Galaxy seri S, dan juga Google Pixel merupakan contoh ponsel yang telah menggunakan OLED. Sehingga dapat disimpulkan bahwa mode gelap pada ponsel LCD tidak punya pengaruh terhadap penghematan daya baterai.

Walau demikian, penggunaan mode gelap dirasa memberikan kenyamanan pada mata pengguna. Layar yang menampilkan warna cerah dapat membuat mata mudah lelah. Menurut The Vision Council, mata yang terpapar cahaya layar terlalu terang dan lama menyebabkan banyak gangguan kesehatan mata hingga iritasi (ndn/eks)