Jokowi Resmikan Proyek Palapa Ring

CNN Indonesia | Senin, 14/10/2019 10:35 WIB
Jokowi Resmikan Proyek Palapa Ring Presiden Joko Widodo (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo meresmikan proyek Palapa Ring hari ini (14/10) di Istana Negara. Dalam peresmian ini akan dilakukan video konferensi dengan pejabat Pemda dari Merauke, Sorong, Rote, Penajam Paser Utara dan Sabang.

"Bismillahirrahmanirrahim, saya resmikan pengoperasian Palapa Ring, yang menghubungkan seluruh ibu kota di 514 kota dan kabupaten di seluruh Indonesia," tutur Presiden Joko Widodo saat meresmikan rampungnya proyek Palapa Ring di Istana Negara, Jakarta, Senin (14/10).

Palapa Ring adalah proyek kabel optik bawah laut yang menghubungkan seluruh wilayah Indonesia. Palapa Ring terdiri dari tiga paket, yaitu Palapa Ring Paket Barat, Palapa Ring Paket Tengah, dan Palapa Ring Paket Timur.


Dalam sambutannya, Rudiantara menyebut rencananya pembangunan Palapa Ring selesai pada kuartal 2. Namun karena kondisi geografis Papua, pembangunan baru selesai pada Agustus. Presiden pun mengakui beratnya pembangunan Palapa Ring di Indonesia Timur.

"Memang kemarin yang paling berat itu Indonesia timur, terutama karena medannya berat sekali [...] Ini negara yg sangat besar, luas, sehingga kalau mundur-mundur sedikit kita semua maklum. Tapi yang jelas sudah kita selesaikan," tuturnya di Istana Merdeka, Senin (14/10).

Rudiantara menyebut proyek Palapa Ring ini seperti jalan tol dari internet kecepatan tinggi. Operator akan melanjutkan pembangunan agar internet kecepatan tinggi ini bisa diakses oleh masyarakat.

"Palapa ring seperti jalan tol, internet kecepatan tinggi. Nanti dibangun dari pintu tol oleh oleh teman-teman operator," jelas Rudiantara.
Dengan jaringan tulang punggung serat optik ini, diharapkan bisa memudahkan dan menurunkan investasi penyelenggara internet untuk menggelar layanan internet di wilayah Indonesia lain.

Dengan biaya investasi yang lebih murah diharapkan juga biaya internet per megabit di luar Jawa bisa lebih murah. Sehingga harga internet di seluruh wilayah Indonesia bisa lebih merata.

Sejumlah pejabat tinggi negara turut hadir dalam peresmian ini. Mereka antara lain Ketua DPR Puan Maharani, Ketua DPD La Nyala Mataliti, Ketua BPK Moermahadi Soerja Djanegara, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution.

Kemudian Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Kepala BIN Budi Gunawan, dan lainnya. (fer/eks)