Rudiantara Sebut Pembangunan Palapa Ring Bukan Java-sentris

CNN Indonesia | Selasa, 15/10/2019 16:27 WIB
Rudiantara Sebut Pembangunan Palapa Ring Bukan Java-sentris Menkominfo Rudiantara. (Foto: CNN Indonesia/Patricia Diah Ayu Saraswati)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan pembangunan Palapa Ring di seluruh Indonesia merupakan bentuk kebijakan yang keberpihakan.

Rudiantara mengatakan pembangunan 'Tol Langit' merupakan bentuk bahwa pembangunan infrastruktur pemerintah tak hanya difokuskan di daerah Jawa tapi juga di luar Jawa.

"Pembangunan 11 interkoneksi di Papua dan Papua Barat ada 42 kabupaten. Ini memang yang paling luas kalau kita lihat infrastruktur di kabupaten dan kota di Papua," ujar Rudiantara saat peresmian rampungnya Palapa Ring di Istana Negara, Jakarta, Senin (14/10).


"Ini menunjukkan kebijakan keberpihakan, affirmative policy, pemerintah yang tidak Jawa-sentris tapi Indonesia-sentris, khususnya membangun di timur."

Dalam kata sambutan, Rudiantara juga berkomunikasi secara khusus kepada Panglima TNI  Marsekal Hadi Tjahjanto. Ia mengatakan angkatan bersenjata juga bisa memanfaatkan komunikasi yang disediakan Palapa Ring untuk menempatkan pasukan di daerah perbatasan.

"Panglima, Saumlaki, Aru semua sudah terhubung. Kalau mau menempatkan pasukan di sana silakan gunakan infrastruktur ini," ungkapnya.

Rudiantara menyampaikan bahwa Palapa Ring sudah direncanakan sejak 2015, namun belum dapat diselesaikan saat itu. Baru dpada 2016 akhirnya proyek ini dimulai berkat inisiasi KPBU dari Bappenas dan Kementerian Keuangan.

[Gambas:Video CNN]

Pemerintah membuat terobosan melalui penetapan Peraturan Presiden tentang Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (Perpres 38/2015) yang memberikan alternatif pembiayaan proyek pembangunan melalui skema KPBU yang memungkinkan dimulainya pembangunan infrastruktur telekomunikasi Palapa Ring pada tahun 2016.

Palapa Ring merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional yang monitoring dan evaluasinya dilakukan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian.

Peran Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dalam mengkoordinasikan komitmen pemangku kepentingan pada proyek-proyek strategis nasional, termasuk Palapa Ring. Kemenko Bidang Perekonomian sangat membantu penyelesaian proyek ini sehingga menjadi proyek perencanaan KPBU tercepat pada 2016.

Palapa Ring secara bertahap akan memeratakan kecepatan internet di seluruh Indonesia dengan disparitas harga yang semakin kecil antara wilayah di Jawa dengan wilayah di luar pulau Jawa. (jnp/evn)