Pikap Baru Mahindra dari India Tantang Triton dan Hilux

CNN Indonesia | Kamis, 17/10/2019 17:20 WIB
Pikap Baru Mahindra dari India Tantang Triton dan Hilux Mahindra Scorpio Pik Up. (CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Merek asal India, Mahindra, telah resmi memulai kompetisi di pasar mobil komersial dengan meluncurkan pikap Scorpio Pik Up pada Kamis (17/10). Scorpio yang ditawarkan dalam pilihan bodi single dan double cabin ini bakal bersaing dengan model senior seperti Mitsubishi Triton, Toyota Hilux, Isuzu D-Max, dan bahkan Tata Xenon.

Scorpio merupakan produk impor dari India yang didistribusikan oleh RMA Indonesia. Perusahaan ini pemegang bisnis purna jual Ford di dalam negeri setelah APM Ford, Ford Motor Indonesia, membubarkan diri pada 2016.

Scorpio Pik Up mungkin bakal terlihat asing di Tanah Air, namun pikap ini cukup populer di negara asalnya. Desainnya terlihat kaku karena bentuk kabin yang meninggi dan mengotak, pendekatan ini berbeda dari model Jepang lain yang ada di Indonesia.



Pikap Baru dari India Langsung Tantang Triton dan HiluxMahindra Scorpio Pik Up. (CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Pada bagian wajah terdapat lampu depan berukuran besar dengan teknologi proyektor dan fitur follow me home. Di area bumper tersemat lampu kabut dan di kap mesin ada air scoop yang fungsinya mengalirkan udara dari luar ke ruang mesin.

Secara keseluruhan panjang Scorpio Pik Up single cabin yakni 5.165 mm, lebar 1.820 mm, dan tinggi 1.850 mm. Sedangkan varian double cabin panjangnya 5.155 mm, lebar 1.815 mm, dan tinggi 1.940 mm.

Ukuran bak Scorpio Pik Up single cabin yaitu 2.390 mm dengan lebar 1.620 mm dan tinggi 830 mm. Varian double cabin punya bak lebih kecil, yakni panjang 1.570 mm, 1.615 mm, dan 775 mm.

Kedua varian Scorpio itu mempunyai ground clearance 230 mm.

Pikap Baru dari India Langsung Tantang Triton dan HiluxMahindra Scorpio Pik Up. (CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Kabin

Area interior punya nuansa serba hitam, termasuk pada dasbor dan jok. Buat kenyamanan sopir serta penumpang terdapat pendingin udara dan headunit 2DIN, power steering, power window, dan soket pengisian daya 12 volt untuk gadget.

Dari sisi keselamatan Scorpio Pik Up ditunjang fitur keselamatan airbag untuk dua penumpang di baris depan, rem Anti Lock Braking System (ABS), Electronic Braking Distribution (EBD), teknologi Anti Roll, crumple zone buat perlindungan kecelakaan, serta kolom kemudi yang dapat terlipat ketika terjadi tumbukan depan.

Khusus pada varian tertinggi ada pula fitur Electronic Stability Program (ESP), Hill Descent Control (DSC), Tire Pressure Monitoring System (TPMS), Cruise Control, kontrol suhu otomatis, serta kamera parkir.

Pikap Baru dari India Langsung Tantang Triton dan HiluxMahindra Scorpio Pik Up. (CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)

Mesin

Dua varian Scorpio Pik Up menggendong mesin yang sama, yakni diesel Euro 2 2.200 cc bertenaga 140 hp dan torsi 320 nm. Mesin digabungkan dengan transmisi 6-percepatan dengan sistem gerak 4x4.

Menurut Mahindra Scorpio Pik Up hadir dengan fitur standar sistem Micro Hybrid - Sistem Stop Start yang membantu penghematan bahan bakar hampir lima persen. Selain itu model ini juga diklaim sanggup membawa muatan 1 - 1,2 Ton, dengan kemampuan towing maksimum 2,5 Ton.

Pikap Baru dari India Langsung Tantang Triton dan HiluxMahindra Scorpio Pik Up. (CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Mahindra Scorpio Pik Up bakal dijual mulai November 2019 melalui 10 jaringan penjualan di daerah Sumatera, Kalimantan, dan Jawa. Varian single cabin dijual on the road Rp278 juta dan varian kabin ganda dibanderol Rp318 juta.

Harga itu tergolong murah ketimbang kompetitor. Triton dijual Rp241,5 juta - Rp454,5 juta, D-Max Rp354,2 juta - Rp534,7 juta, Toyota Hilux Rp221,3 juta - Rp472,3 juta. (ryh/fea)


BACA JUGA