Mercy Pinjamkan Mobil untuk Tamu Negara di Pelantikan Jokowi

CNN Indonesia | Jumat, 18/10/2019 20:24 WIB
Mercy Pinjamkan Mobil untuk Tamu Negara di Pelantikan Jokowi Sekretariat Presiden menyediakan mobil-mobil Mercedes-Benz buat menjamu tamu negara untuk pelantikan Joko Widodo-Ma'ruf Amin. (Dok. Mercedes-Benz Distribution Indonesia)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) menyatakan S-Class dan E-Class yang akan digunakan buat membawa tamu kenegaraan saat pelantikan Joko Widodo (Jokowi) statusnya dipinjam negara. Pihak MBDI membantah status total 17 unit yang telah disediakan itu disewa negara.

Sebelumnya telah diberitakan, Sekretariat Presiden (Setpres) mengeluarkan anggaran sekitar Rp1 miliar untuk menyewa mobil buat tamu negara. Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menjelaskan mobil-mobil Mercedes-Benz itu akan dipakai kepala negara dan utusan dari negara sahabat.

"Dari anggaran kami, kurang lebih Rp1 miliar. Menyewa, tapi persyaratannya adalah kami minta yang baru. Jadi ini emang benar-benar baru dari pabrik," kata Heru di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (17/10).


Deputy Director Marketing Communication MBDI Hari Arifianto menjelaskan kepada CNNIndonesia.com mobil-mobil itu dipinjamkan kepada negara tanpa uang sewa.

"Untuk 17 unit ini tanpa biaya sewa jadi pihak Setpres mengeluarkan biaya untuk operasional. Di luar 17 unit ini ada unit Mercedes-Benz yang digunakan juga untuk acara pelantikan jadi biaya itu kemungkinan mencakup biaya-biaya tersebut," kata dia.

Mobil yang akan digunakan adalah 11 unit S450 L dan enam unit E 300 SportStyle Avantgarde. Selain itu diketahui tersedia juga model lainnya seperti E250, E200, dan Toyota Alphard, Toyota Camry, serta Toyota Fortuner.

Jokowi bersama Ma'ruf Amin akan dilantik menjadi presiden dan wakil presiden pada Minggu (20/10). Keduanya bakal menjabat untuk periode 2019-2024.

Spesifikasi S450L dan E300 Sportstyle Avantgarde:

Sekretariat Presiden mengandalkan 17 unit Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) untuk digunakan tamu negara yang hadir pada pelantikan Joko Widodo-Ma'ruf Amin, pada Minggu (20/10).

Dalam keterangan MBDI, ada dua model yang dipinjamkan yaitu 11 unit seri S450 dan enam unit E300. Sedan mewah ini diklaim menawarkan kenyamanan kelas satu buat siapapun yang menjadi penumpangnya.

S450L

Untuk memberi kenyamanan penghuni kabin, merek Jerman ini menawarkan material terbaik untuk merancang interior. Bagian kabin dibuat menggunakan perpaduan kayu dan jok belapis kulit nappa. Detail dibuat serapih mungkin dengan gaya elegan untuk memanjakan mata.

Untuk 'mempercantik' kabin, kita bisa memilih warna interior dari lampu LED yang tersemat di sudut-sudut kabin seperti tarikan pintu, layar, ruang kompartemen, dan ruang kaki. Ada pilihan 64 warna yang bisa kita pilih.

Pada bagian dasbor membenyang dua layar menjadi satu antara head unit dan panel instrumen, masing-masing berukuran 12,3 inci.

Jika spesifikasi telepon genggam sesuai, di mobil kita mengisi daya baterai tanpa kabel. Selain di baris pertama, pengisian daya nirkabel tersebut juga disediakan di konsol tengah pada bagian belakang.

Sedangkan sistem audio yang digunakan untuk memanjakan telinga berasal dari Burmester® High-End 3D Surround Sound. Di kabin S450L total ada 26 speaker tersebar.

Sedan ini punya mesin V6 3.000 cc yang dikawinkan dengan Transmisi 9G-TRONIC. Klaim Mercedes-Benz mesin itu mampu meletupkan daya 270 kW (367 tk) dan 500 Nm.

E300 Sportstyle Avantgarde

Sedan ini hadir dengan interior bergaya sport, namun ada kesan elegan karena penggunaan material kulit pada jok dan serat karbon bagian trimnya.

Sesuai namanya SportStyle, auta sport pada bagian luar jelas terlihat. Mulai dari gril hitam, elemen trim chrome di bumper depan, elemen trim hitam mengkilap serta pelek 18-inci lima palang dengan warna hitam mengkilap.

Selain itu, E 300 SportStyle Avantgarde juga dilengkapi kontrol suhu otomatis THERMOTRONIC 3-zone. Adapula sistem audio Burmester® dengan total 13 speaker pada kabin.

Sedan ini menggendong mesin 2.000 cc dengan transmisi otomatis 9G-TRONIC yang mampu menyemburkan daya 258 tk dan 370 Nm.

Sebagai informasi harga baru S450L saat ini dijual Rp2,769 miliar dan E300 Sportstyle Avantgarde Rp1,439 miliar. Harga tersebut off-the-road. (ryh/fea)