Konvoi Jokowi Dikawal Moge dan Mobil Mewah 'Pelat Merah'

CNN Indonesia | Minggu, 20/10/2019 15:51 WIB
Konvoi Jokowi Dikawal Moge dan Mobil Mewah 'Pelat Merah' Iring-iringan Jokowi menuju acara pelantikan di Gedung MPR/DPR. (AP Photo/Dita Alangkara)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mobil kepresidenan Joko Widodo (Jokowi) dikawal puluhan mobil dan moge saat menuju acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden di Gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta. Iring-iringan Jokowi ini mulai meninggalkan Istana Merdeka sekitar pukul 14.15 WIB.

Pantauan CNNIndonesia.com, Jokowi bersama sang istri, Iriana, menaiki Mercedes-Benz S 600 Guard dengan pelat merah bertuliskan 'INDONESIA'. Unit itu diketahui mobil dinas lungsuran Presiden ke-6 Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono, yang sudah dipakai Jokowi selama lima tahun pertama pemerintahannya.


Kementerian Sekretariat Negara sebenarnya sudah menyediakan S 600 Guard terbaru sebagai mobil dinas Jokowi. Namun Sekretariat Presiden menjelaskan unit itu belum bisa digunakan sebab masih dimodifikasi sesuai permintaan.


Selama konvoi kendaraan yang terlihat mengawal Jokowi di antaranya Land Rover Defender, Mercedes-Benz G-Class, Mazda 6, Toyota Camry, Toyota Land Cruiser, Toyota Alphard, hingga Toyota Hiace.

Selain itu terlihat juga belasan moge yang menjadi pengawal rombongan selama perjalanan. Di antaranya yakni Honda Goldwing dan Yamaha FZ1 serba hitam.

Sebelum bertolak ke Gedung DPR/MPR, Jokowi sempat memberi keterangan kepada awak media ditemani istri, tiga anaknya, dan juga menantunya. Jokowi menyempatkan diri di tengah perjalanan turun dari mobil untuk menyapa masyarakat yang menanti di kawasan Jalan Medan Merdeka.


[Gambas:Video CNN]
Di tempat terpisah, pasangan Jokowi yaitu Ma'ruf Amin tampak lebih dahulu tiba di Gedung DPR/MPR. Ia hadir ditemani istrinya menumpangi Mercedes-Benz S 600 Guard bernomor polisi B 1925 RFS.

Ma'ruf juga dikawal berbagai kendaraan, di antaranya Toyota Fortuner, Alphard, hingga Mercedes-Benz Sprinter saat bertolak dari kediamannya di Menteng, Jakarta Pusat menuju DPR/MPR.

Jokowi-Ma'ruf bakal dilantik sebagai presiden dan wakil presiden periode 2019-2024 di Gedung MPR hari ini yang dipimpin Ketua MPR Bambang Soesatyo pada 14.30 WIB. Jokowi dan Ma'ruf Amin akan membacakan sumpah, selanjutnya penyampaian pidato Jokowi. Setelah keduanya bakal langsung bergerak ke Istana Negara. (ryh/fea)