Penjualan Mobil Ford di Indonesia Belum Dapat 'Restu'

CNN Indonesia | Senin, 21/10/2019 10:43 WIB
Penjualan Mobil Ford di Indonesia Belum Dapat 'Restu' Pengendara sepeda motor melintas di depan dealer Ford di Jakarta, Selasa (26/1). Ford Motor Indonesia menutup dealership Ford dan menghentikan penjualan dan impor resmi semua kendaraan Ford di Indonesia mulai pertengahan tahun ini dengan alasan sulit meningkatkan penjualan atau mempertahankan keuntungan. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A.)
Jakarta, CNN Indonesia -- RMA Group melalui perwakilannya, RMA Indonesia, sebagai pemegang layanan purna jual dan penyedia suku cadang Ford di dalam negeri, menyampaikan, tengah berpikir meningkatkan statusnya menjadi distributor. Itu artinya mobil-mobil Ford kemungkinan bakal dijual lagi di Tanah Air setelah terhenti pada 2016.

Penjualan mobil Ford setop setelah Agen Pemegang Merek (APM) Ford Motor Indonesia memutuskan angkat kaki pada Januari 2016.

Setelah melewati serangkaian drama, termasuk penyelesaian gugatan dari konsumen dan pihak dealer, menjelang akhir tahun RMA Indonesia ditunjuk sebagai wakil Ford agar layanan servis dan garansi untuk konsumen terus berjalan serta bisnis dealer tetap bergulir.


"Kami sudah kerjasama dengan Ford selama lebih dua tahun untuk purnajual. Kami ingin Ford membuat keputusan kembali lagi ke Indonesia," kata COO RMA Group Chris Manley ketika ditemui di Bogor belum lama ini.

Chris berharap prinsipal Ford di Amerika Serikat bisa segera membuat keputusan kembali berbisnis di Indonesia. Ia juga menyebut pengguna mobil Ford di Indonesia sudah berulang kali menanti kepastian tersebut.

"Dan kami senang kerjasama bersama Ford untuk membuat itu terwujud. Kami tau kalau feed back dari dealer dan konsumen mereka ingin produk Ford kembali ke Indonesia. Tapi Ford belum mengambil keputusan itu," kata dia.

Ford masuk ke Indonesia sejak 2002. Mobil-mobil Ford dijual melalui 44 dealer dan pada 2015 penjualannya mencapai sekitar 6 ribu unit.

Ranger Baru Dites di Indonesia

Selama dua tahun RMA Indonesia bekerja rumors soal aktivitas penjualan mobil Ford pernah muncul ke permukaan. Sempat disebut dealer Ford bakal memulai lagi bisnis penjualan menggunakan pikap Ranger.

Manley menyebut Ranger tengah diuji di Indonesia oleh pihak dealer. Menurut dia hal itu dilakukan untuk studi.

"Ini masih kemungkinan dan rencana. Jadi bukan rahasia lagi Ranger udah dites di jalan sama dealer," kata Manley.

Alih-alih menjual mobil Ford, RMA Group malah bekerja sama dengan produsen India, Mahindra, untuk menjual mobil mereka di dalam negeri. RMA Indonesia ditunjuk menjadi distributor kendaraan Mahindra, mobil yang pertama dijual adalah Mahindra Scorpio Pik Up. (ryh/fea)