Pemkot Tegal Gandeng Grab Wujudkan Visi Smart City

Grab Indonesia, CNN Indonesia | Senin, 21/10/2019 17:58 WIB
Pemkot Tegal Gandeng Grab Wujudkan Visi Smart City Grab menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kota Tegal dalam mewujudkan visi smart city. (Dok. Grab Indonesia)
Jakarta, CNN Indonesia -- Grab menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kota Tegal dalam mewujudkan visi smart city. Hal tersebut direalisasikan melalui program Jakwir Cetem (Aja Kosih Wara Wiri, Cepat, dan Tepat Melayani) dalam pengantaran dokumen kependudukan.

Program Jakwir Cetem didukung oleh armada GrabExpress untuk mempermudah pengantaran dokumen kependudukan dari Disdukcapil Kota Tegal kepada masyarakat sekaligus meningkatkan efisiensi perangkat kerja di Pemkot Tegal.

Executive Director Grab Indonesia Ongki Kurniawan mengatakan pihaknya sangat berterima kasih atas kesediaan Pemkot Tegal bersama Disdukcapil untuk berkolaborasi dalam peningkatan kualitas layanan bagi masyarakat melalui inovasi teknologi.

Mengingat, kerja sama strategis dan kolaborasi dengan pemerintah terus menjadi fokus dan komitmen dari Grab dan terus menjadi komitmen Grab untuk mendukung Indonesia maju melalui inovasi teknologi.

"Dukungan ini sejalan dengan misi Grab for Good untuk dapat memberikan dampak yang positif dari teknologi yang kami miliki melalui peningkatan infrastruktur digital di Indonesia. Saya berharap manfaat dari kerja sama ini dapat dirasakan oleh masyarakat dan menjadi titik awal untuk kerja sama di bidang lainnya," ujar Ongki melalui keterangannya di Tegal, Jawa Tengah, Senin (21/10).

Sementara itu, Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono menyebut program Jakwir Cetem sebagai upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat setempat demi mewujudkan visi smart city melalui pemanfaatan teknologi.

"Kita sudah melihat bukti dampak positif inovasi teknologi di Indonesia melalui berbagai layanan yang disediakan oleh Grab. Melalui kerja sama ini saya harap inovasi teknologi yang didukung oleh armada GrabExpress dapat membantu kami melayani masyarakat Kota Tegal dan meningkatkan efisiensi perangkat kerja," ujar Dedy.

Diketahui, peresmian kerja sama tersebut ditandai dengan pemecahan rekor MURI untuk kategori Pengantaran Dokumen Kependudukan dan Pengantar (GrabExpress) ke pemohon terbanyak se-Indonesia.

Rekor ini dicapai dengan pengiriman dokumen kependudukan terbanyak dalam satu waktu oleh 10 admin Disdukcapil Kota Tegal melalui akun web portal Jakwir Cetem yang langsung diterima oleh 476 mitra pengemudi GrabExpress untuk selanjutnya dokumen diantarkan kepada masyarakat yang membutuhkan.


(fef)