Mercedes-Benz Kebut Produksi Mobil Dinas Jokowi

CNN Indonesia | Selasa, 22/10/2019 13:48 WIB
Mercedes-Benz Kebut Produksi Mobil Dinas Jokowi Mercedes-Benz S 600 Guard yang digunakan Joko Widodo ke acara pelantikannya sebagai presiden di Gedung MPR/DPR. (CNN Indonesia/ Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) sepertinya bakal mendapatkan mobil dinas yang baru lebih cepat dari seharusnya. Penyedia unit itu, Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI), menjelaskan telah meminta produksinya di Jerman dipercepat.

MBDI dinyatakan resmi sebagai pemenang tender pengadaan mobil dinas presiden oleh Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) pada Agustus. Mobil yang terpilih adalah dua unit Mercedes-Benz S 600 Guard.

MBDI pernah menyatakan butuh waktu antara tujuh sampai sembilan bulan untuk menyelesaikan mobil dinas presiden pesanan Kemensetneg. Namun Deputy Director Marketing Communication MBDI Hari Arifianto mengatakan pada Selasa (22/10), produksi ditargetkan selesai lebih cepat, yakni pada Desember 2019 dan pengiriman Januari 2020.


"Rencana awal unit akan selesai di Desember, dikirimkan ke Jakarta awal tahun depan. Kami sedang berusaha supaya bisa lebih cepat dari rencana awal tersebut," kata Hari saat dihubungi CNNIndonesia.com.

Hari bilang keputusan soal percepatan produksi sepenuhnya tetap ada pada prinsipal Jerman bagian produksi. Produksi mobil khusus kepala negara, dijelaskan Hari, memang makan waktu karena harus melalui berbagai tahap.

Seperti diketahui S 600 Guard merupakan mobil khusus kepala negara yang sengaja disiapkan buat menghadapi ancaman seperti tembakan senjata, bom, dan ledakan. Selain itu mobil ini juga dilengkapi perlengkapan keselamatan, alat komunikasi, dan perlengkapan canggih lainnya.


"Akan tetapi keputusan sepenuhnya nanti berada di bagian produksi kami di Jerman karena yang memakan waktu cukup lama juga adalah bagian quality inspection setelah kendaraan selesai di produksi," ucap Hari.

Selama menunggu mobil baru, Jokowi saat ini menggunakan S Guard produksi 2008 warisan Presiden ke-6 Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono. Mobil itu juga digunakan saat Jokowi berangkat dari Istana Merdeka menuju Gedung MPR/DPR pada Minggu (20/10) untuk dilantik menjadi Presiden Indonesia periode 2019-2024.

Saat ini Jokowi sedang memilih setiap menteri yang bakal membantunya menjalani pemerintahan. Pengumuman pejabat menteri bakal dilakukan pada Rabu (23/10).

Berbeda dari Jokowi, para menteri bakal bisa merasakan mobil dinas lebih dulu. Toyota Astra Motor menjelaskan 101 Crown 2.5 HV G-Executive yang dipesan sebagai mobil dinas menteri telah diserahkan ke negara pada September. (ryh/fea)