Pengguna iPhone 5 Terancam Tak Bisa Akses Internet

CNN Indonesia | Senin, 28/10/2019 18:40 WIB
Pengguna iPhone 5 Terancam Tak Bisa Akses Internet Ilustrasi. (Foto: StockSnap/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Apple mengirimkan notifikasi kepada pengguna iPhone 5 yang meminta untuk segera memperbarui peranti lunak iOS ke versi 10.3.4. Kali ini Apple menegaskan jika hal itu tidak dilakukan, maka ponsel tidak bisa terkoneksi dengan internet.

Bukan tanpa alasan, Apple mengungkap alasan pembaruan ini wajib dilakukan agar fungsi GPS (global positioning system) pada iPhone 5 tetap akurat.

Mengutip 9to5Mac, dalam sebuah dokumen yang beredar mengungkap Apple memberikan tenggat waktu hingga 3 November 2019 bagi pengguna iPhone 5 nuntuk memperbarui iOS 10.3.4.


Jika pengguna tetap berkeras, maka ponsel akan 'mati suri' lantaran tidak bisa digunakan untuk membuka Sadari, iCloud, surel, hingga App Store.

Apabila melewati batas waktu, maka perangkat yang dirilis sejak 2012 atau lebih lawas tak lagi bisa mendapat pembaruan OTA dan backup data ke iCloud lantaran tidak ada akses internet.

Dilansir Engadget, untuk melakukan back up data pengguna diharuskan menghubungkan ponsel ke komputer menggunakan aplikasi iTunes agar data yang tersimpan bisa dikembalikan.

Selain menyasar pengguna iPhone 5, Apple memberikan imbauan serupa untuk perangka iPhone 4S, iPad 2, iPad Retina Display, dan iPad generasi keempat. Dibandingkan seri lainnya, konsekuensi terbesar menghantui pengguna iPhone 5 jika tidak segera memperbarui peranti lunak.

Digital Trends mencatat saat ini ada sekitar 9 persen dari penguna iPhone dan iPad yang masih menggunakan sistem operasi lawas di bawah iOS 12. (ndn/evn)