Jokowi Minta Kominfo Perkuat Fungsi Lembaga Penerangan Publik

CNN Indonesia | Rabu, 23/10/2019 18:30 WIB
Jokowi Minta Kominfo Perkuat Fungsi Lembaga Penerangan Publik Menkominfo Johnny G. Plate (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) periode 2019-2024 Johnny G. Plate membeberkan pesan-pesan khusus Presiden Joko Widodo. Johnny menyebut salah satu pesan Jokowi agar Kemenkominfo menjalankan fungsi Goverment Public Relation (GPR).

Fungsi GPR ini dijelaskan Johnny sebagai fungsi Kemenkominfo sebagai lembaga penerangan publik. Lewat fungsi ini Presiden berharap Kominfo bisa menjadi corong pemerintah agar masyarakat bisa mengetahui setiap kebijakan yang sudah dan direncanakan pemerintah.

"Satu hal lagi yang mungkin jadi perhatian kita adalah disamping platform informatika digital, juga (menjadi lembaga) komunikasi dan penerangan publik," kata Plate di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (23/10).


Hal serupa diungkap Johnny saat serah terima jabatan di gedung Kemenkominfo. Menurutnya dengan menekankan fungsi penerangan ini, Jokowi ingin masyarakat dekat dengan gerak pembangunan yang dilakukan pemerintah dan bisa ikut ambil bagian.

"Jadi masyarakat harus dikasih tahu. Tuhan maha tahu tapi rakyat harus dikasih tahu, Kominfo yang kasih tahu rakyat," katanya usai acara serah terima jabatan di Gedung Kemenkominfo, Jakarta, Rabu (23/10).

Plate menyatakan sejauh ini masih banyak masyarakat belum mengetahui sepenuhnya program yang telah dilakukan oleh pemerintah. Menurutnya, informasi tentang capaian pemerintah serta apa yang harus diantisipasi masyarakat masih bias. Bahkan menurutnya masyarakat malah bisa mengambil sikap yang terbalik dari sikap yang diambil pemerintah. Hal inilah yang menurutnya harus diperbaiki.

Selain itu, Jokowi juga berpesan untuk mempercepat proses-proses legislasi di sektor ekonomi digital. Lebih lanjut, Jokowi juga menitipkan Indonesia harus memiliki bank data dengan tolak ukur dari negara-negara lain. Legislasi yang akan menjadi prioritas adalah aturan Perlindungan Data Pribadi (PDP) yang sudah masuk program legislasi nasional.

Johnny juga berjanji untuk merealisasikan program jaringan dengan kecepatan tinggi di wilayah Indonesia, setelah proyek Palapa Ring berjalan.

Jokowi juga berpesan agar Indonesia harus punya bank data nasional agar bisa bertukar informasi dengan baik. Jokowi juga berpesan agar bank data nasional ini bisa dibuat dengan benchmark di beberapa negara agar Indonesia menjadi bagian dari data global.

Sebelumnya, Johnny Gerard Plate resmi menjabat sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) periode 2019-2024 dalam Kabinet Indonesia Maju pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Johnny resmi menjadi Menkominfo setelah melakukan upacara serah terima jabatan (sertijab) dengan mantan Menkominfo Rudiantara di Gedung Kemenkominfo. (jnp/eks)