Asosiasi Sebut Operator Siap Konsolidasi Asal Ada Aturan

CNN Indonesia | Kamis, 24/10/2019 09:56 WIB
Asosiasi Sebut Operator Siap Konsolidasi Asal Ada Aturan Menkominfo Johnny G Plate. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)
Jakarta, CNN Indonesia -- Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI) mengatakan seluruh operator siap melakukan konsolidasi dengan catatan adanya aturan soal konsolidasi.

Ketua Dewan Pengawas ATSI Danny Buldansyah mengatakan aturan penting untuk mendorong terjadinya konsolidasi antar operator. Danny pun mengungkap aturan konsolidasi dibutuhkan demi kesehatan bisnis telekomunikasi di Indonesia.

"Yang penting dari pemerintah sudah disiapkan aturan-aturan bagaimana jika konsolidasi itu terjadi. Operator siap untuk konsolidasi. Saya yakin semuanya siap untuk konsolidasi," ujar Danny usai acara sertijab di Gedung Kemenkominfo, Jakarta, Rabu (23/10).
Danny mengatakan konsolidasi memang berkaitan erat dengan nilai perusahaan berdasarkan penguasaan pasar hinga jumlah pelanggan.


"Kalau yang namanya konsolidasi ada yang mau, ada yang bersedia untuk menjual ada yang bersedia untuk membeli, atau ada yang bersedia untuk konsolidasi. Tergantung dari nilainya," katanya.

Danny mengatakan ATSI hingga Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel) pasti akan membantu Menkominfo baru, Johnny untuk menggawangi urusan teknologi informasi komunikasi (ICT).

Lebih lanjut, Danny menjelaskan tidak mempermasalahkan latar belakang Johnny yang tidak berhubungan dari ICT.
"Menterinya bukan dari industri yang penting itu spirit-nya. Kalau masalah pengetahuannya saya rasa dirjen-dirjen dan jajarannya sudah cukup baik," katanya.

Sebelumnya, Eks Menkominfo Rudiantara mengingatkan konsolidasi operator menjadi pekerjaan rumah yang akan diemban oleh Menkominfo selanjutnya. Ia mengakui era kepemimpinannya belum mampu mewujudkan konsolidasi. Ia menjelaskan konsolidasi tidak terjadi karena membutuhkan waktu lebih.

Kemudian keputusan konsolidasi merupakan keputusan yang dikuasai oleh pemegang saham operator. (jnp/age)