Teknologi Terintegrasi, Gojek jadi Ekosistem Solutif Publik

Gojek, CNN Indonesia | Jumat, 25/10/2019 17:42 WIB
Teknologi Terintegrasi, Gojek jadi Ekosistem Solutif Publik Gojek menyediakan berbagai layanan yang terintegrasi untuk memenuhi semua kebutuhan masyarakat secara menyeluruh. (Foto: Dok. Gojek)
Jakarta, CNN Indonesia -- Walaupun dikenal sebagai perusahaan teknologi di sektor transportasi atau ride-hailing, Gojek percaya mampu memberikan dampak sosial yang lebih besar dari sekadar menggerakkan orang.

VP Corporate Affairs Gojek Michael Reza Say mengatakan evolusi Gojek menjadi sebuah ekosistem merupakan langkah strategis dalam menyediakan solusi kebutuhan masyarakat yang selama ini menjadi hambatan.

"Melalui pengembangan teknologi yang terintegrasi, banyak pihak ikut mengalami evolusi bersama Gojek termasuk layanannya. Dari bangun tidur untuk memulai aktivitas sampai mengakhiri hari masyarakat dapat mengandalkan layanan Gojek. Bisa dibilang, Gojek menjadi operating system bagi masyarakat Makassar," ujar Michael melalui keterangannya di acara Plesiran Bareng Gojek, Makassar, Rabu (23/10).



Saat ini, Gojek telah memiliki 22 layanan yang terintegrasi yang dikatakan memberikan dampak sosial. Baik kepada pengguna, pemberi layanan, dan tatanan kehidupan masyarakat.

Penulis Buku Naked Traveler Trinity Traveler mengaku bahwa layanan Gojek memudahkan masyarakat dalam menjalani aktivitas sehari hari mulai dari transportasi, kuliner, pembayaran dan juga gaya hidup.

"Setelah mengikuti Plesiran Bareng Gojek dan ngobrol-ngobrol dengan berbagai merchant GoFood, saya jadi bisa melihat secara nyata bahwa Gojek ini nggak cuma menguntungkan untuk customer-nya saja tetapi juga sangat membantu mitra-mitra UMKM baik di Makassar maupun di Indonesia," ujar Trinity.

Berdasarkan hasil riset independen Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI), kontribusi mitra Gojek kepada perekonomian Makassar pada 2018 mencapai Rp1,7 triliun. Kontribusi berasal dari selisih pendapatan mitra dari sebelum hingga setelah mereka bergabung di Gojek.