Membandingkan Fitur AirPods Pro, AirPods 2, dan AirPod

CNN Indonesia | Selasa, 29/10/2019 05:09 WIB
Membandingkan Fitur AirPods Pro, AirPods 2, dan AirPod Ilustrasi AirPods. (Foto: AFP PHOTO / Josh Edelson)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kabar kemunculan AirPods generasi ketiga kian santer terdengar. Apple dikabarkan akan meluncurkan AirPods 3 yang dikabarkan mengusung nama AirPods Pro pada akhir Oktober ini.

Dibandingkan dua generasi pendahulunya, generasi ketiga ini disebut akan dibenamkan teknologi peredam bising (noise reduction) dan tahan air.

Selain dua fitur andalan tersebut, rumor yang beredar juga menyebut jika AirPods Pro akan dirilis dalam delapan varian warna mulai dari hitam hingga midnight green. Seperti diketahui sejauh ini Apple hanya memperkenalkan AirPods dalam satu varian warna yakni putih.


Menilik dari segi desain, generasi terbaru AirPods sebenarnya tak memiliki sesuatu yang baru. Mengusung desain yang sama sejak 2016, Apple hanya mengganti chipset ke H1 dan memperbarui konektivitas Bluetooth ke versi 5.0.

AirPods Pro digadang-gadang menawarkan kecepatan lebih baik saat menyambungkan dengan panggilan telepon. Disamping itu, konektivitas juga disebut dua kali lebih cepat ketika mengganti ke perangkat lain.

Mengutip Forbes, AirPods Pro kabarnya akan mulai dipasarkan dengan banderol US$260 atau sekitar Rp3,6 juta (US$1=Rp14.150).

Jika AirPods Pro benar menampakkan diri sebelum berganti bulan, maka Apple hanya memberi jeda beberapa bulan sejak kemunculan AirPods 2 pada 25 Maret 2019.

AirPods 2 sendiri muncul dengan memboyong fitur waktu penggunaan bicara yang lebih lama yakni 3 jam. Untuk mengaktifkan 'voice command', pengguna cukup mengatakan 'Hey Siri'. Cara ini merupakan peningkatan dari generasi sebelumnya yang masih memerlukan sentuhan untuk mengaktifkan perintah suara.

Produk ini dijual seharga US$69 atau sekitar Rp974 ribu. Apple menjual kotak pengisian nirkabel secara terpisah yang bisa ditebus seharga US$40.

Diwartakan Economic Daily News, Apple sebenarnya sempat diolok-olok lantaran desain AirPods generasi pertama yang dianggap aneh. AirPods pertama kali dirilis pada Desember 2016 dengan harga yang relatif tinggi.

Satu pasang AirPods generasi pertama kala itu dipasarkan seharga US$159. Apple menggunakan chipset W1 dengan versi Bluetooth 4.1 yang bisa digunakan untuk berbicara maksimal hingga 2 jam.

[Gambas:Video CNN] (ndn/evn)