Resmi, Yamaha Tak Lagi Niat Bikin Mobil

CNN Indonesia | Jumat, 25/10/2019 15:56 WIB
Resmi, Yamaha Tak Lagi Niat Bikin Mobil Yamaha Sports Ride. (Dok. global.yamaha-motor.com)
Jakarta, CNN Indonesia -- Produsen sepeda motor asal Jepang, Yamaha, telah memutuskan menghentikan semua proyek pengembangan untuk menghasilkan mobil. Hal itu diketahui berdasarkan laporan Autocar pada Rabu (23/10).

Pada 2013 lalu Yamaha pernah memamerkan mobil konsep bernama Motiv di Tokyo Motor Show. Mobil kota itu didesain berdasarkan sistem manufaktur iStream dari perancang McLaren F1, Gordon Murray.

Lantas pada 2015 Yamaha memperlihatkan mobil konsep lainnya bernama Sports Ride yang juga terpengaruh desain Murray. Mobil sport ini dirancang memakai konstruksi serat karbon serta unggul soal rasio tenaga dan bobot yang sempat diprediksi hanya 900 kg.


"Mobil tidak lagi jadi bagian di rencana jangka panjang kami. Itu adalah keputusan yang diambil Presiden Hidaka untuk prediksi masa depan, sejalan dengan pandangan kami yang tidak bisa melihat cara mengembangkan mobil manapun agar unggul dari kompetisi, yang sangat ketat," kata juru bicara Yamaha Naoto Horie di Tokyo Motor Show.

"Mobil sport itu, punya penampilan menarik buat kita sebagai penggemar, tetapi pasarnya sangat sulit. Kami sekarang melihat peluang lain," katanya.

Setelah Motiv dan Sports Ride, sebenarnya Yamaha pernah ketahuan berencana melahirkan konsep SUV. Namun setelah keputusan ini jelas wujudnya tidak akan pernah kelihatan.

Kendati lebih dikenal sebagai produsen motor, Yamaha tidak asing dengan mobil. Yamaha pernah punya divisi khusus yang memproduksi mesin Nissan Silvia pada 1993 dan Toyota 2000 GT pada 1964. (fea)