Tips Tekno

Cara Aktifkan 'Dark Mode' Gmail di Android dan iPhone

CNN Indonesia | Minggu, 27/10/2019 11:16 WIB
Cara Aktifkan 'Dark Mode' Gmail di Android dan iPhone Ilustrasi (Istockphoto/ stevanovicigor)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dark mode atau mode gelap telah menjadi fitur kekinian yang banyak diterapkan oleh aplikasi-aplikasi terkenal untuk perangkat Android dan iPhone. Instagram, Facebook, hingga WhatsApp telah menerapkan fitur mode gelap ini. Kini Gmail ikut dalam gelombang tren mode gelap itu 

Gmail beberapa bulan lalu memang sudah meluncurkan mode gelap pada September lalu beriringan dengan iOS 13 dan Android 10. Saat ini mode tersebut telah bisa diakses oleh seluruh pengguna. Pengguna bisa menggunakan fitur ini selama telah memiliki sistem operasi terbaru dan Gmail versi terbaru.
  


Berikut cara untuk mengaktifkan mode tersebut.


Android
1. Pastikan Anda menggunakan Gmail versi terbaru.
2. Pastikan ponsel sudah diperbarui menggunakan Android 13.
3. Aktifkan mode gelap di Android 13, maka Gmail akan otomatis berubah dengan latar gelap.
4. Untuk mengaktifkan secara manual, ketuk simbol tiga garis bertumpuk di pojok kiri atas. Kemudian pilih pengaturan. Selanjutnya pilih 'pengaturan umum'.
Pada 'pengaturan umum', ada pilihan tema di paling atas 'pengaturan umum' kemudian pilih 'gelap'.

iOS
1. Pastikan ponsel sudah mengguankan iOS 13.
2. Aktifkan mode gelap di iOS 13, maka aplikasi Gmail akan berubah otomatis berlatar gelap.
3. Untuk mengubah secara manual, ketuk simbol tiga garis bertumpuk di pojok kiri atas. Lalu pilih 'Pengaturan', ketuk 'Tema', dan pilih 'Mode Gelap'.

Google mengumumkan telah merilis mode gelap untuk Gmail iOS dan Android pada 24 September lalu. Dibutuhkan waktu dua minggu hingga semua orang dapat menggunakan mode ini. Jika Anda menggunakan iOS 13 atau Android 10, maka Gmail Anda akan otomatis mengikuti pengaturan mode yang saat itu sedang digunakan. (jnp/eks)