Tips Otomotif

Cara Lolos Razia Tilang di Operasi Zebra Jaya

CNN Indonesia | Sabtu, 26/10/2019 16:54 WIB
Cara Lolos Razia Tilang di Operasi Zebra Jaya Ilustrasi razia lalu lintas. (Detikcom/Hasan Alhabshy)
Jakarta, CNN Indonesia -- Selama dua pekan terhitung sejak 23 Oktober 2019 Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menggelar Operasi Zebra Jaya untuk menindak sejumlah pelanggar lalu lintas di jalan raya.

Operasi yang melibatkan 2.380 personel ini akan digelar di lokasi-lokasi rawan kecelakaan, pelanggaran, serta kemacetan di seluruh wilayah hukum Polda Metro Jaya.

Razia lalu lintas di jalanan merupakan hal yang menakutkan buat sebagian orang, terutama bagi pengguna kendaraan yang sudah menyadari memiliki kesalahan seperti tidak membawa surat-surat atau melakukan pelanggaran. Berikut tips agar masyarakat lolos Operasi Zebra Jaya:


1. Pastikan pengendara memiliki surat izin mengemudi atau SIM. Jangan salah membawa SIM, misalnya saat mengendarai sepeda motor tapi SIM yang dibawa untuk mobil atau sebaliknya. Pastikan juga SIM Anda masih berlaku.

2. Kendaraan yang dikendarai harus memiliki STNK. Pastikan kendaraan taat dibayar pajaknya sebab jika tidak ini bisa jadi alasan polisi melakukan tilang.

3. Jangan berkendara melawan arus lalu lintas. Pelanggaran ini biasanya dilakukan pengendara roda dua dan seakan jadi hal yang biasa padahal jelas-jelas melanggar hukum.

4. Gunakan helm sebab merupakan syarat mengendarai sepeda motor sekaligus bisa melindungi bagian penting manusia, yaitu kepala. Pastikan juga penumpang menggunakan helm.

5. Bila pesepeda motor wajib pakai helm, maka pengemudi harus mengenakan sabuk keselamatan.

6. Jangan menggunakan ponsel selama mengemudi. Selain bisa ditilang, perlu bila dipahami mengemudi sembari melakukan aktivitas lain misal menggunakan telepon genggam bisa memecahkan konsentrasi.

7. Tidak diperkenankan siapapun di bawah umur 17 tahun mengemudikan kendaraan sebab seharusnya tidak diperbolehkan memiliki SIM.

8. Pesepeda motor jangan sampai membawa penumpang lebih dari satu.

9. Setiap pengemudi harus memastikan kendaraan punya perlengkapan standar seperti memiliki lampu, kaca spion, dan sebagainya. Sedangkan untuk mobil juga demikian, termasuk ketersediaan ban cadangan.

10. Jangan berkendara di bawah pengaruh minuman keras.

11. Tidak menggunakan aksesori berlebihan, termasuk rotator dan sirine yang tidak diperkenankan oleh kendaraan sipil. (ryh/fea)