Rilis iOS 13.2, Apple Boyong Fitur Kamera Deep Fusion

CNN Indonesia | Rabu, 30/10/2019 04:55 WIB
Rilis iOS 13.2, Apple Boyong Fitur Kamera Deep Fusion Ilustrasi. (Foto: Justin Sullivan/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Apple merilis pembaruan iOS 13.2 dengan memboyong sejumlah pembaruan, mulai dari kumpulan emoji baru hingga kamera 'deep fusion'. Salah satu emoji yang dirilis yakni merepresentasikan disabilitas serta sejumlah modifikasi lainnya.

Kemunculan fitur kamera 'deep fusion' sempat disinggung disela perhelatan Apple Event pada 10 September lalu. Fitur ini dirilis untuk trio iPhone 11 terbaru.

Deep Fusion dapat memproses gambar yang akan membuat foto terlihat lebih baik berkat teknologi machine learning dengan memanfaatkan chipset A13 Bionic Neural Engine.


Hasil penggabungan tersebut menghasilkan sebuah gambar kualitas terbaik dengan sangat detail.

Mengutip CNN, selain teknologi kamera, Apple juga menambahkan sejumlah emoji baru mulai dari 'sosok' orang berkursi roda, anjing pendamping (service dog), lengan dan kaki palsu, hingga orang yang menggunakan tongkat.

Emojipedia mencatat total 398 desain emoji baru dengan 265 lainnya yang telah dimodifikasi.

Sejak 2018 lalu Apple telah mengupayakan keberagaman pada emoji. Apple bahkan telah mengonsultasikan pembuatan emoji orang yang duduk di kursi roda ke berbagai organisasi disabilitas.

Perusahaan yang didirikan oleh Steve Jobs dan Steve Wozniak ini telah meninjau emoji baru tersebut dan diuji cobakan pada iOS 13.2 versi beta. Selain gender perempuan dan laki-laki, Apple menambahkan gender 'netral' untuk koleksi emoji barunya.

Mengutip 9to5Mac, iOS 13.2 disebut juga akan mendukung penggunaan AirPods Pro yang baru dipasarkan seharga US$249. Pembaruan ini juga termasuk pada sisi keamanan privasi Siri sehingga pengguna bisa memilih untuk membagikan interaksi Siri pada Apple atau tidak. (ndn/evn)