FOTO: Vespa Renta Buatan Indonesia 'Pensiun' di Afrika

AFP, CNN Indonesia | Kamis, 31/10/2019 00:32 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Ibu kota Mali, Bamako, merupakan salah satu tempat tinggal banyak skuter Vespa 'jadul' buatan Indonesia.

Seydou Seck mengendarai Vespa yang usianya sudah 40 tahun, namun ia mengendarainya dengan tegap dan bangga di ibu kota Mali, Bamako. (MICHELE CATTANI / AFP)
Seck merupakan salah satu warga penggemar Vespa yang selamat dari era 1970-an. Bamako adalah salah satu lokasi yang banyak dihuni skuter merek Italia buatan Indonesia itu. (MICHELE CATTANI / AFP)
Buat warga Mali, Vespa merupakan simbol era 1960-an dan 1970-an saat negara di Afrika ini dalam kondisi damai dan kota-kota banyak didatangi pengunjung. (MICHELE CATTANI / AFP)
Piaggio, produsen Vespa, telah menjual setidaknya 19 juta unit di seluruh dunia sejak 1946. Tidak ada satupun dealer Vespa pernah berdiri di Mali namun keberadaannya diprediksi berasal dari negara-negara tetangga. (MICHELE CATTANI / AFP)
Vespa pernah dirakit di Indonesia pada medio 1970-an, lokasi pabrik tepatnya berada di Pulo Gadung, Jakarta. Namun pabrik itu ditutup pada 1998. (MICHELE CATTANI / AFP)
Seiring waktu, suku cadang dan mekanik Vespa di Mali semakin sulit ditemukan. Namun ada satu mekanik bernama Adama Guindo yang kini menjadi rujukan. (MICHELE CATTANI / AFP)
Di bengkel Adama terlihat ada empat setengah unit Vespa sedang menunggu dioperasi agar suku cadangnya bisa digunakan buat menghidupkan unit lainnya. (MICHELE CATTANI / AFP)
Seorang mekanik sedang memperbaiki Vespa 'jadul'. Kadang untuk mengatasi minimnya suku cadang, mekanik mesti berimprovisasi. (MICHELE CATTANI / AFP)
Kendati Indonesia pernah menjadi produsen dan punya sejarah Vespa, kini skuter-skuter modern Vespa dijual dengan status impor. (MICHELE CATTANI / AFP)