Facebook Sebut Instagram dkk Sempat Down

CNN Indonesia | Kamis, 31/10/2019 05:51 WIB
Facebook Sebut Instagram dkk Sempat Down Ilustrasi. (AP Photo/Richard Drew)
Jakarta, CNN Indonesia -- Facebook mengungkapkan sedang mengalami masalah dengan jaringan mereka. Melalui informasi yang mereka sampaikan melalui akun twitter resmi mereka, masalah tersebut membuat beberapa orang mengalami kesulitan dalam mengakses aplikasi keluarga Facebook, seperti media sosial Facebook, Instagram, dan WhatsApp pada Rabu (30/10) malam.

Facebook menyatakan tengah menyelidiki permasalahan tersebut.

"Kami menyelidiki dan hampir memperbaiki masalah tersebut. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi," kata mereka. 


Berdasarkan Down Detector, laporan gangguan terbanyak terjadi di Amerika Serikat dan Eropa. Sementara kawasan Asia tidak banyak terdampak. 


Masalah yang terjadi pada Facebook bukan kali ini saja terjadi. Sebelumnya, masalah sama juga pernah terjadi. Pada Maret, Facebook, Instagram , dan WhatsApp malah sempat down selama lebih dari 12 jam. 
Saat itu, ketika dikonfirmasi kepada Facebook Indonesia gangguan layanan itu merupakan isu yang biasa terjadi. Berulangnya masalah terkait layanan Facebook, WhatsApp, dan Instagram itu merupakan hal yang terjadi akibat perawatan rutin.

"Seperti yang kami sampaikan sebelumnya, ini merupakan isu yang biasa terjadi karena aktivitas operasional dan perawatan rutin. Isu ini telah teratasi dan layanan kami akan kembali normal. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini." - juru bicara Facebook dalam pernyataan ketika dihubungi via pesan teks, Kamis (4/7).

Ketika ditanya lebih lanjut apakah berarti gangguan ini akan sering dialami pengguna platform media sosial itu, juru bicara Facebook hanya mengulang pernyataan bahwa itu adalah bagian dari perawatan rutin.

(agt/agt)