Fiat Chrysler dan Induk Peugeot Sepakat Merger

fea, CNN Indonesia | Jumat, 01/11/2019 12:03 WIB
Fiat Chrysler dan Induk Peugeot Sepakat Merger Ilustrasi merek Jeep. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Fiat Chrysler Automobiles dan pemilik Peugeot, PSA Group, mengumumkan bakal melakukan merger dan mendirikan perusahaan baru. Perusahaan itu masing-masing dimiliki 50 persen oleh pemegang saham kedua produsen.

Merger ini, yang disebut akan diresmikan pada beberapa pekan lagi, bakal membuat entitas otomotif baru yang mempekerjakan 410 ribu orang dengan pendapatan gabungan senilai US$190 miliar.

Perusahaan baru bakal memiliki kantor pusat di Belanda yang saat ini juga menjadi lokasi markas Fiat Chrysler. Chairman Fiat Chrysler John Elkann dan CEO PSA Group Carlos Tavares akan menjalankan peran yang sama di perusahaan baru.


"Dewan Pengawas Peugeot S.A. dan Dewan Direksi Fiat Chrysler Automobile telah dengan suara bulat sepakat untuk bekerja menuju kombinasi penuh dari bisnis masing-masing dengan cara merger 50/50," kata kedua perusahaan dalam pernyataan tertulis seperti dikutip dari Autonews.com, Kamis (31/10).

Fiat Chrysler merupakan pemilik merek Fiat, Dodge, Ram, Chrysler, Alfa Romeo, Maserati, dan Jeep. Sedangkan PSA Group punya merek Peugeot, DS, Opel, dan Vauxhall.

Penyatuan produsen asal Amerika Serikat dan Prancis ini bakal menempatkannya di antara produsen raksasa dunia. Bila penjualan Fiat Chrysler dan PSA Group digabung jumlahnya 8,7 juta unit, itu di atas General Motors 8,3 juta unit namun masih di bawah Volkswagen Group dan Toyota yang melebihi 10 juta unit.

Pengumuman ini hanya berlangsung lima bulan setelah Fiat Chrysler menunda potensi merger dengan kompatriot PSA Group, Renault. (fea)