Cara Aktifkan Fitur Pengunci Sidik Jari WhatsApp di Android

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 01/11/2019 12:39 WIB
Cara Aktifkan Fitur Pengunci Sidik Jari WhatsApp di Android Fitur pemindai sidik jari sekarang sudah ada di WhatsApp untuk Android (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- WhatsApp resmi menghadirkan fitur pemindai sidik jari bagi pengguna Android. Sebelumnya, fitur ini hanya tersedia bagi pengguna iPhone.

"Hari ini kami memperkenalkan autentikasi serupa yang memungkinkan Anda untuk membuka kunci aplikasi
dengan sidik jari pada telepon Android," seperti tertulis dalam siaran pers yang diterima CNNIndonesia.com, Jumat (1/11).

Selain pemindai sidik jari, WhatsApp sebelumnya juga sudah meluncurkan pemindai wajah Face ID bagi pengguna iPhone.
Cara untuk mengaktifkan pemindai sidik jari bagi pengguna Android sebagai berikut.
Cara Aktifkan Fitur Pengunci Sidik Jari WhatsApp di AndroidPengguna bisa memilih fitur pemindai sidik jari di WhatsApp punya pilihan untuk diaktifkan segera, setelah 1 menit, atau setelah 30 menit. (Dok. WhatsApp)

1. Ketuk menu berupa titik tiga vertikal di sebelah kanan atas WhatsApp.
2. Pilih Setelan atau Setting
3. Pilih Akun atau Account.
4. Pilih Privasi atau Privacy.
5. Pilih Kunci sidik jari atau Fingerprint lock.
6. Konfirmasikan sidik jari Anda.
7. Anda juga bisa memilih dalam berapa menit kunci akan di aktifkan. Terdapat tiga pilihan, kunci segeram setelah 1 menit, atau setelah 30 menit.


[Gambas:Video CNN]

Namun, saat dicoba pemindai sidik jari ini hanya bisa digunakan untuk satu sidik jari saja. Berbeda dengan pemindai sidik jari pada sistem operasi Android atau iOS yang bisa memindai beberapa sidik sekaligus.

Untuk pengguna iPhone, cara mengaktifkan fitur ini juga serupa.

1. Pilih menu Pengaturan atau Setting di kanan bawah.
2. Pilih Akun atau Account.
3. Pilih Privasi atau Privacy.
4. Pilih Kunci layar atau Screen lock.
5. Ketuk tombol geser untuk mengktifkan Touch ID. Anda kini bisa membuka WhatsApp dengan sidik jari yang sudah terdaftar di Touch ID.
6. Anda juga bisa memilih dalam berapa menit kunci akan di aktifkan. Terdapat tiga pilihan, kunci segeram setelah 1 menit, 15 menit atau setelah 30 menit.

Pembaruan ini terdapat pada WhatsApp versi terbaru, 2.19.308. Anda mesti memperbarui versi teranyar WhatsApp untuk menikmati fitur ini.

Sebelumnya, WhatsApp dilaporkan menguji coba penguncian sidik jari untuk ponsel Android dalam aplikasi versi beta teranyar. Aplikasi pesan singkat milik Facebook ini meluncurkan fitur penguncian sidik jari karena banyaknya permintaan. Sebelumnya fitur ini telah meluncur untuk perangkat iOS. Fitur berupa penguncian sidik jari diuji coba dalam WhatsApp for Android Beta v2.19.221. (eks)