TREN TEKNOLOGI

Ketika Nokia, Xiaomi, dan Realme Adu Ponsel Lima Kamera

CNN Indonesia | Senin, 04/11/2019 08:30 WIB
Menyusul Nokia yang lebih dulu meluncurkan ponsel dengan lima kamera, kini Xiaomi dan Realme menghadirkan inovasi serupa. Ilustrasi (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia -- Vendor handphone (hp) sepertinya berlomba-lomba membuat ponsel dengan lensa kamera yang makin banyak. Tak cukup dengan empat lensa, kini lensa ponsel makin bertambah.

Saat ini mulai bermunculan ponsel dengan empat lensa. Namun, lomba menambah lensa tak berhenti sampai disini. Beberapa vendor mulai meluncurkan smartphone dengan lima lensa atau penta camera.


Saat ini baru Xiaomi, Realme, dan Nokia yang sudah meluncurkan ponsel dengan banyak kamera. Namun, apa kegunaan kamera yang demikian banyak itu?

Melansir DxOMark, tiap lensa biasanya punya fungsi sendiri. Satu lensa digunakan untuk meningkatkan detil foto, lensa lain digunakan untuk meningkatkan foto di tempat yang kurang cahaya, atau untuk meningkatkan kemampuan perbesaran lensa (telephoto).


Saat ini setidaknya ada tiga ponsel yang menawarkan kamera dengan penta kamera. Berikut tiga varian ponsel tersebut.

Mi Note 10

Ponsel buatan Xiaomi ini memiliki lima kamera dengan 108 MP pertama yang pernah ada. Mi Note 10 punya nama lain Mi CC9 Pro untuk versi yang dijual di China. Ponsel ini akan didukung oleh sensor buatan Samsung yakni ISOCELL HMX. Xiaomi telah mengonfirmasi bahwa ponselnya ini akan segera dirilis pada 5 November mendatang di Beijing. Seri ini juga akan diluncurkan di Polandia dengan nama Mi Note 10 pada 15 Novemver 2019.

Sejauh ini Xiaomi belum membocorkan lebih banyak terkait fitur pada Mi Note 10. Namun menurut India Today, Selain dengan kamera utama 108 MP, salah satu dari enam kamera belakang tersebut akan memiliki kamera portrait 12 MP.

Dikabarkan pula Mi Note 10 akan memiliki 10X Optical Zoom dan kemampuan 50X digital zoom. Terdapat juga kamera ultra-wide 20 MP, mode super makro 2MP, dan lensa telephoto. Untuk kamera depan, Xiaomi akan menyematkannya pada bagian notch dan dikabarkan memiliki sensor 32MP.

Xiaomi juga telah mengumumkan akan merilisnya dalam dua warna yakni putih dan hijau. Mi CC9 Pro ini juga akan dibekali dengan kapasitas penyimpanan baterai yang cukup besar dan bahkan merupakan yang terbesar yang pernah dimiliki Xiaomi. Ponsel ini memiliki baterai 5260 mAh yang diklaim mampu diisi penuh hanya dalam 65 menit dengan charger 30W.

Belum diketahui chipset apa yang akan mendukung ponsel ini. Dilansir dari Gizmochina, Xiaomi akan mengunakan Snapdragon 855+ menurut rumor yang beredar.

Nokia 9 PureView

Ponsel yang dirilis pada Februari 2019 ini memiliki lima kamera dan sensor ToF (Time of Flight). Namun jika dilihat tampilannya seakan terlihat seperti ada tujuh kamera. Ternyata dua lubang lainnya digunkan untuk menempatkan  ToF dan flash.

Dilansir dari Gizmochina, kelima kamera Zeiss tersebut dapat digunakan bersamaan yakni mengambil sebuah gambar dengan 50MP. Sensor ToF membantu kamera untuk menangkap peta kedalaman hingga 1200 lapisan kedalaman data sampai 40 meter dari kamera. Tiga diantaranya adalah kamera monokrom 12MP dan dua kamera RGB 12 MP.

[Gambas:Video CNN]

Sementara untuk kamera depan, Nokia 9 PureView ini dibekali dengan kamera 20MP dengan aperture f/1.8 yang memiliki teknologi tetracell. Teknologi tersebut dapat menggabungkan empat piksel menjadi satu gambar yang cerah walau dalam kondisi yang gelap.


Dilansir dari Cnet, Nokia 9 PureView ini didukung oleh chipset Snapdragon 845. Nokia juga mengklaim bahwa ponselnya ini mampu mengambil foto HDR dengan lebih baik. Foto yang diambil juga dapat memiliki beberapa titik fokus dalam bokeh.

Selain itu foto juga dapat diambil dalam format DNG maupun RAW. Gambar yang dihasilkan dari gabungan 5 kamera tersebut bisa berukuran hingga 30 MB.

Realme 6

Setelah merilis Realme 5 baru-baru ini, Realme dikabarkan akan merilis ponsel selanjutnya dengan penta kamera. Dilansir dari Digit, sebuah video berisi bocoran Realme 6 sebelumnya telah beredar.

Walau belum dapat dipastikan kebenaran informasi tersebut, dikabarkan Realme 6 atau bisa jadi Realme 6 Pro ini akan didukung oleh chipset Snapdragon 730G. (ndn/eks)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK