Honda 'Nebeng' Perusahaan Energi Eropa 'Setrum' Mobil Listrik

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Rabu, 06/11/2019 14:15 WIB
Honda 'Nebeng' Perusahaan Energi Eropa 'Setrum' Mobil Listrik Mobil listrik Honda e. (Foto: Dok. Honda Prospect Motor)
Jakarta, CNN Indonesia -- Honda dan perusahaan pemasok energi asal Swedia, Vattenfall mengumumkan berkolaborasi untuk menyediakan tarif listrik fleksibel yang khusus dirancang untuk pemilik kendaraan listrik (EV) di Eropa.

Kemitraan ini menandai sejarah penting bagi perusahaan otomotif asal Jepang itu dalam mempercepat keberadaan kendaraan penumpang bertenaga listrik Honda di Eropa.

Dalam memorandum of understanding (MoU) yang ditandatangani pada 23 Oktober 2019, kedua perusahaan menyepakati tujuan untuk bersama-sama mengembangkan dan memasarkan tarif listrik yang fleksibel, yang akan menghasilkan waktu dan biaya yang paling efektif untuk kendaraan listrik.


"Kerja sama ini juga mendorong penggunaan listrik yang dihasilkan melalui sumber energi terbarukan, termasuk dari sumber tenaga air dan angin. Hal tersebut sejalan dengan visi Honda untuk pasokan energi masa depan yang berkelanjutan," tulis Honda dalam keterangan resmi dikutip Selasa (5/11).

Diberitakan bahwa layanan ini akan tersedia mulai dari Inggris dan Jerman pada 2020, dan menyebar ke negara-negara Eropa lainnya.

Nantinya Vattenfall akan bertanggung jawab untuk pemasangan sejumlah titik pengisian daya domestik Honda Power Charger, dengan output maksimum 7.4 kW atau 22 kW.

Melalui titik pengisian daya berkekuatan 22 kW tersebut, pemilik mobil listrik dapat mengisi daya hingga kapasitas 100 persen dalam waktu 4,1 jam, atau diklaim lebih cepat dibandingkan pengisian melalui instalasi listrik standar.

"Tujuan kami adalah untuk memudahkan pengemudi mobil listrik di seluruh Eropa barat laut. Kemitraan penting ini menunjukkan bahwa Anda dapat dengan mudah berkontribusi pada dunia bebas bahan bakar fosil, yang didukung oleh energi terbarukan," ucap Kepala Vattenfall E-mobilitas Tomas Bjornsson. (ryh/mik)