Respons Nyinyir Toyota Menyambut Kelahiran Xpander Crossover

CNN Indonesia | Selasa, 05/11/2019 18:45 WIB
Respons Nyinyir Toyota Menyambut Kelahiran Xpander Crossover Mitsubishi Xpander Crossover akan meluncur pekan depan. (Dok.Mitsubishi Motors)
Jakarta, CNN Indonesia -- Toyota Indonesia merespons kehadiran varian baru Mitsubishi Xpander yang disebut bakal memiliki cita rasa Sport Utility Vehicle (SUV) karena membawa embel-embel nama Crossover. Model baru Xpander ini rencananya meluncur 12 November 2019.

Executive General Manager Toyota Astra Motor (TAM) Fransiscus Soerjopranoto mengatakan meski punya sebutan baru yakni crossover, Xpander tetap saja Low Multi Purpose Vehicle (MPV).

Komsumen Xpander Crossover, menurut dia, juga jangan bermimpi mobil tersebut dapat mewakili karakter SUV yang dikenal sebagai kendaraan tangguh di segala medan.

"Ga ada itu MPV rasa SUV, SUV rasa MPV. MPV ya MPV, SUV ya SUV," kata Soerjopranoto melalui pesan singkat, Selasa (5/11).


Namun, bagi Soerjo Toyota tetap menyambut baik kemunculan varian baru pesaing utama Avanza itu. Ia menilai kehadiran Xpander Crossover bisa semakin menggairahkan pasar Low MPV di dalam negeri.

Terkait kemungkinan model baru Xpander menggoyang pasar Avanza, kata Soerjo, itu belum tentu.

"Kalau masalah nanti bisa memberikan dampak (ke Avanza) kami baru bisa lihat nanti penetrasi nya, intinya untuk orang kita (mobil) harus sesuai kebutuhan, itu lah kenapa di kami ada banyak model yang bahkan dasarnya dari platform sudah berbeda-beda," ucap dia.


[Gambas:Video CNN]

"Ya agar bisa berfungsi seperti seharusnya, untuk angkat orang ya MPV, kalau untuk versatility (serba guna) kemanapun ya SUV dan lain lain model," sambungnya kemudian.

Mitsubishi telah memperlihatkan tampilan Xpander Crossover dalam bentuk foto siluet. Dari foto itu bisa terlihat ada penambahan aksesori misalnya roof rail dan over fender untuk menambah tegas kesan SUV.

Hingga kini belum ada keterangan teknis lain soal mobil itu. Tapi kabarnya tetap mempertahankan mesin MIVEC kapasitas 1.500 cc empat silinder.

(ryh/DAL)