Youtube Rilis Layanan Musik 'Streaming' Mirip Spotify

CNN Indonesia | Rabu, 06/11/2019 05:30 WIB
Youtube Rilis Layanan Musik 'Streaming' Mirip Spotify Logo Youtube. (CNN Indonesia/Jonathan Patrick)
Jakarta, CNN Indonesia -- Youtube resmi meluncurkan aplikasi layanan musik streaming, Youtube Music, serentak di tujuh negara Asia termasuk di indonesia hari ini (6/11). Tak hanya berupa aplikasi, Youtube Music juga dapat dinikmati melalui web player.

Anak perusahaan induk Google ini mengatakan Youtube Music menawarkan ribuan lagu dan album resmi dari penyanyi kenamaan dunia maupun Indonesia secara gratis dengan dukungan iklan.

"Youtube Music kami buat untuk membantu banyak orang menemukan musik yang mereka suka dan menawarkan pengalaman mendengarkan musik yang lebih kaya bagi para pecinta musik di Indonesia," kata Product Manager of Youtube Music, Brandon Bilinski saat konferensi video di kantor Google Indonesia, Jakarta, Selasa (5/11).


"Layanan kami mulai dari rekomendasi video musik, pentas live, lagu cover sampai video baru semuanya ada di Youtube Music," ucapnya lagi.

Bilinski mengatakan sebagian pengguna mungkin akan sedikit terganggu dengan iklan yang ada di Youtube Music, maka dari itu pihaknya menawarkan opsi berbayar melalui Youtube Music Premium.

Nantinya, pengguna dikenakan biaya Rp49 ribu per bulan dan bebas iklan.

"Youtube Music Premium adalah opsi langganan berbayar yang dapat memungkinkan pengguna untuk memutar lagu dan video di latar belakang, sehingga mereka tetap bisa mendengarkan musik sambil mengakses aplikasi lain. Layanan ini juga menawarkan fitur unduh offline dan pengalaman mendengarkan musik tanpa iklan," jelas Bilinski.

Perusahaan yang berkantor pusat di Mountain View, California ini juga menawarkan paket khusus yaitu Youtube Music Family Plan dan Youtube Premium Family Plan, di mana pengguna dapat menambahkan hingga enam akun. Harga paket mulai Rp75 ribu per bulan.

Youtube Music disebut bakal terpasang otomatis di perangkat yang sudah menggunakan Android 10. Layanan ini juga akan otomatis terpasang pada perangkat yang masih menggunakan Android 9 Pie.

Strategi Google dengan langsung memasang Youtube Music di perangkat pengguna dinilai sebagai langkah untuk memenangkan persaingan ketat di layanan streaming musik.

Youtube Music sendiri telah meluncur pada November 2015 dan Google Play Music meluncur 2011. Sejak saat itu, Google mengoperasikan dua layanan musik berbeda. (din/fea)