Cara Aktifkan 'Dark Mode' di WhatsApp Web

M. Ikhsan, CNN Indonesia | Rabu, 06/11/2019 09:19 WIB
Cara Aktifkan 'Dark Mode' di WhatsApp Web WhatsApp Web (CNN Indonesia/Aditya Panji)
Jakarta, CNN Indonesia -- WhatsApp terus melakukan improvisasi guna kenyamanan para penggunanya. Kabar terbaru kini pengguna sudah bisa menikmati mode gelap WhatsApp Web, di tengah pertanyaan kapan kehadiran mode gelap alias dark mode untuk iOS dan Android.

Dark theme -julukan WhatsApp untuk dark mode, mulai dikembangkan pada WhatsApp versi 2.19.294 di Google Play Beta Program. Namun pengembangannya masih terus berjalan hingga akhirnya mode gelap lebih dahulu bisa diaktifkan pada perangkat desktop.




Mode gelap untuk WhatsApp Web sudah bisa kita dapatkan. Pengguna tidak perlu aneh karena butuh me-install beberapa aplikasi sebelum benar-benar menikmati dark mode pada WhatsApp Web.

Berikut cara untuk mengaktifkan dark mode WhatsApp Web.

1. Pastikan perangkat tersedia Google Chrome atau Mozilla Firefox versi terbaru.
2. Jika menggunakan Chrome, perlu mengakses situs ini untuk menginstal Stylus. Setelah itu klik 'Add to Chrome' atau tambahkan ke Chrome. 
Jika menggunakan Firefox, klik tautan ini. Selanjutnya ketuk tombol 'add to Firefox' atau tambahkan ke Firefox untuk menambahkan aplikasi pada peramban Anda.
3. Setelah terpasang, pengguna perlu menanam (install) tema yang ditawarkan Stylus untuk WhatsApp Web. Ketuk tombol update style (perbarui gaya) untuk mengaktifkan fitur mode gelap.
4. Setelah terpasang, muat ulang (reload) WhatsApp Web dan Anda bisa menikmati mode gelap pada WhatsApp Web.

[Gambas:Youtube]

Saat uji coba mode gelap WhatsApp Web membutuhkan 'kesabaran' untuk bisa benar-benar terhubung antara satu aplikasi dengan aplikasi lainnya.

Hasil penelusuran CNNIndonesia.com, pengguna disuguhkan berbagai macam warna tema mulai biru, merah, hitam, abu-abu dan sebagainya. Pengguna juga bisa mengubah atau mengganti jenis tulisan (font name).

Lewat aplikasi Stylish, pengguna juga bisa mengatur seberapa transparan emoji yang akan ditampilkan. Cara mengaktifkannya tinggal melakukan pengaturan lewat menu customize settings (pengaturan kustom).

Jika tak ingin menggunakan mode gelap WhatsApp Web, Anda cukup membuka toko aplikasi yang ada di Chrome atau Firefox dan klik Remove atau Hapus. 


(mik)


BACA JUGA