Alasan di Balik Peluncuran Logo Baru Facebook

CNN Indonesia | Rabu, 06/11/2019 14:52 WIB
Alasan di Balik Peluncuran Logo Baru Facebook Logo baru Facebook. (Facebook).
Jakarta, CNN Indonesia -- Gurita usaha media sosial Facebook memperkenalkan logo baru perusahaan pada awal November 2019. Rancangan logo baru disebut-sebut lebih mewakili sejumlah layanan aplikasi lain yang dimiliki perusahaan, termasuk Instagram dan WhatsApp.

Dikutip dari laman resmi newsroom.fb.com, Facebook memulai usahanya dengan aplikasi tunggal media sosial dengan nama yang sama 15 tahun lalu. Facebook menawarkan serangkaian produk yang membantu orang terhubung dengan teman dan keluarga, menemukan komunitas dan mengembangkan bisnis.

"Kami memperbarui branding perusahaan menjadi lebih jelas tentang produk-produk yang berasal dari Facebook. Kami memperkenalkan logo perusahaan baru dan lebih membedakan perusahaan dari aplikasi Facebook," ungkap Antonio Lucio, Chief Marketing Officer Facebook dalam laman resmi perusahaan, Selasa (5/11) waktu setempat.


Logo baru dirancang secara lebih jelas, menggunakan tipografi khusus dan huruf kapital untuk membuat perbedaan visual antara perusahaan dan aplikasi.

Manajemen beranggapan, pengguna harus tahu perusahaan dari produk yang mereka gunakan selama ini. Layanan utama perusahaan Facebook meliputi aplikasi Facebook, Messenger, Instagram, WhatsApp, Oculus, Workplace, Portal, dan Calibra. Aplikasi dan teknologi ini telah berbagi infrastruktur selama bertahun-tahun dan tim di belakangnya sering bekerja sama.

"Perubahan merek ini adalah cara untuk mengkomunikasikan struktur kepemilikan kami kepada orang-orang dan bisnis yang menggunakan layanan kami untuk menghubungkan, berbagi, membangun komunitas, dan menumbuhkan audiensi mereka," tambahnya.

Demi memperkenalkan diri kepada pengguna, perusahaan memasukkan tanda 'dari Facebook' di semua aplikasi miliknya. Selama beberapa pekan ke depan, perusahaan akan mulai menggunakan logo baru dalam produk dan materi pemasarannya, termasuk situs perusahaan baru.

Menginjak usia 15 tahun, Facebook memiliki lebih dari 2,3 miliar pengguna di dunia. Mereka berbagi informasi sampai berjejaring dengan orang-orang baru yang bahkan tak kenal sebelumnya. Facebook telah meruntuhkan batas antarnegara, lewat jaringan internet.
[Gambas:Video CNN]
CEO Facebook Mark Zuckerberg mengklaim perusahaan telah mengantongi keuntungan US$22 miliar sepanjang tahun lalu.

Meski begitu, tahun lalu media sosial yang dibuat bersama teman-temannya di Harvard University itu sempat tersandung masalah penyalahgunaan informasi. Zuckerberg menyadari hal itu dan berharap Facebook dapat mengembalikan kepercayaan masyarakat. (lav)