PSSI Pecat Simon, Netizen Minta Luis Milla Balik Latih Timnas

CNN Indonesia | Rabu, 06/11/2019 19:55 WIB
PSSI Pecat Simon, Netizen Minta Luis Milla Balik Latih Timnas Mantan Pelatih Timnas Simon Mcmenemy dipecat. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A).
Jakarta, CNN Indonesia -- Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) resmi memberhentikan Simon McMenemy dari kursi pelatih Timnas Indonesia usai kalah di kualifikasi Piala Dunia 2022 Rabu (6/11) hari ini. Sontak, netizen di Twitter bereaksi. Sebagian besar meminta PSSI untuk merekrut Luis Milla kembali ke timnas Indonesia.

Seperti akun @fahmi_alfansi yang menilai mantan pemain Barcelona itu mampu meningkatkan kualitas timnas Indonesia di kancah persepakbolaan dunia.


"Saya lebih suka Luis Milla dibanding pelatih lain untuk meningkatkan tim sepak bola nasional Indonesia. Dia telah menempatkan keterampilan dan taktik dasar, namun Milla kurang memiliki waktu untuk membuktikan strateginya," kata dia.







Kendati demikian, Luis Milla bukan satu-satunya orang yang digadang bakal menggawangi timnas Indonesia. PSSI disebut telah mempersiapkan kandidat lain, yaitu mantan pelatih timnas Korea Selatan, Shin Tae Yong.

Netizen lain malah berharap PSSI bisa menggaet Shin Tae Yong yang dianggap 'sangat berpengalaman', baik di level Asia maupun Piala Dunia.

"Kalau saya pribadi lebih suka Pelatih Korea, Shin Tae Yong untuk menggantikan Simon di timnas. Dibanding balik ke Luis Milla, lebih baik pelatih baru yang sudah sangat pengalaman di level Asia dan level Piala Dunia," cuit @arifmkrf.




Simon McMenemy memulai debutnya sebagai pelatih timnas senior Indonesia pada Desember 2018. Dia menggantikan posisi Bima Sakti yang menjadi pelatih sementara pengganti Luis Milla.

Kontrak Luis Milla saat itu tidak diperpanjang PSSI dan sempat mengundang kontroversi. Pasalnya, publik sepak bola Indonesia menganggap Milla masih pantas menangani Garuda.

Simon kemudian mendapat sorotan negatif setelah memimpin skuatnya di turnamen internasional, kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Pada laga perdana di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Indonesia dipermalukan Malaysia dengan skor 2-3. Merah Putih kian meradang setelah dikalahkan Thailand 0-3 di GBK.
[Gambas:Video CNN] (din/lav)