Pemakai Adobe Bakal Bisa Live Streaming Proses Kreatif Mereka

CNN Indonesia | Sabtu, 09/11/2019 02:33 WIB
Pemakai Adobe Bakal Bisa Live Streaming Proses Kreatif Mereka Ilustrasi (Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Adobe disebut sedang mengembangkan fitur live streaming yang dibangun ke dalam aplikasi Creative Cloud mereka. Dengan aplikasi ini, para pengguna bisa menyiarkan secara langsung proses kreatif mereka menggunakan rangkaian produk Adobe. Kabar ini diumumkan perusahaan pada konferensi kreativitas Adobe Max di Los Angeles, Amerika pada 2-6 November 2019.

Dikutip The Verge, Chief Product Officer Scott Belsky mengatakan dengan adanya fitur live streaming ini memungkinkan para ilustrator membagikan tautan (link) untuk melihat proses menggambar objek secara langsung.

"Live streaming saat ini tersedia di platform Behance dan Youtube. Streaming dapat berlangsung hingga tiga jam," kata Belsky.


"Ilustrator mengatakan mereka dapat belajar dengan ilustrator lain untuk mengembangkan karya mereka melalui layanan live streaming kami," sambungnya.

Lebih lanjut kata Belsky, saat ini layanan siaran langsung Adobe telah tersedia versi beta. Namun, hanya pengguna Adobe Fresco yang baru bisa menikmati layanan ini seperti dilansir Engadget.

Adobe Fresco sendiri merupakan aplikasi melukis dan menggambar khusus iPad. Aplikasi ini mampu mengakomodasi penggunaan Apple Pencil.

Perusahaan merancang Adobe Fresco berdasarkan perpaduan antara Adobe Photoshop dan Illustrator. Salah satu fitur utama aplikasi ini adalah Live Brushes.

Live Brushes merupakan fitur yang didukung dengan teknologi Artificial Intelligence (AI). Fitur ini mampu menerapkan bentuk warca secara detail, hasilnya bahkan seperti melukis dengan kanvas dan cat air.

Tak seperti kebanyakan aplikasi Adobe lainnya, pengguna harus berlangganan Creative Cloud untuk menikmati semua fitur pada Adobe Fresco.

Adobe Fresco saat ini tersedia di beberapa perangkat iPad yaitu semua model iPad Pro, iPad Air 3, iPad Mini 5, serta iPad generasi 5 ke atas. (din/eks)