Giliran Pengguna Instagram di AS Tak Bisa Lihat Jumlah Likes

AFP, CNN Indonesia | Sabtu, 09/11/2019 13:50 WIB
Giliran Pengguna Instagram di AS Tak Bisa Lihat Jumlah Likes Instagram menyatakan akan menguji coba menghilangkan jumlah likes di Amerika Serikat. (CNN Indonesia/Harvey Darian)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bos Instagram Adam Mosseri pada Jumat (8/11) menyatakan bahwa uji coba menghilangkan jumlah likes di media sosial tersebut akan menyebar ke Amerika Serikat.

"Perhatian! Tahun ini kami tengah mengetes tombol likes Instagram lebih tersembunyi di beberapa negara," kata Mosseri lewat cuitan.

"Kami akan menyebarkan uji coba itu pada sebagian kecil pengguna di Amerika Serikat mulai pekan depan."


Pada September, Facebook sebagai pemilik Instagram mengonfirmasi bahwa mereka mempertimbangkan untuk tidak memperlihatkan jumlah likes pada suatu unggahan.

Mereka berharap para pengguna tidak lagi tertekan untuk mengoleksi jumlah likes menggunakan gambar, video, atau komentar dan lebih berfokus pada hal-hal yang diunggah.

Instagram juga mengatakan uji coba ini telah berlangsung pada lebih dari selusin negara, dengan para pemilik akun masih bisa melihat jumlah likes secara privat sementara publik tidak.

Twitter juga pernah bereksperimen dengan menyembunyikan jumlah cuitan disukai (liked) atau dibagikan ulang (retweet), menurut kepala pengembangan produk Kayvon Beykpour.

Twitter menemukan bahwa orang-orang kurang tertarik berinteraksi di media sosial itu ketika tidak bisa melihat jumlah retweet dan likes.

"Ketika Anda menghilangkan indikator interaksi, orang-orang akan semakin minim berinteraksi," kata Bekpour awal tahun ini. (vws)