Tips Otomotif

Jaga Penampilan Pelek Tetap 'Kinclong' Saat Musim Hujan

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Minggu, 08/12/2019 18:04 WIB
Jaga Penampilan Pelek Tetap 'Kinclong' Saat Musim Hujan Pelek kendaraan butuh perlakuan khusus agar terhindar dari kata kusam. (Foto: Istockphoto/Zentilia)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelek merupakan salah satu penunjang penampilan kendaraan. Biar tetap kinclong, bagian ini perlu perawatan khusus terlebih saat musim hujan tiba.

Air hujan yang membasahi pelek sudah seharusnya langsung dibersihkan, sebab jika kelamaan akan meninggalkan noda, praktis membuat pelek terlihat kusam. CNNIndonesia.com punya cara untuk mengusir noda pada pelek yang disebabkan air hujan. Berikut caranya.

Cuci pelek dengan sikat halus


Sebelum mencuci pelek, kita harus mempersiapkan peralatan pendukung, contohnya dengan sikat gigi. Usahakan menggunakan sikat gigi 'soft' supaya tidak menggores pelek. Menggunakan sikat gigi lumrah dilakukan karena bisa menjangkau celah-celah pelek.

Setelah itu tuangkan air ke canting yang sudah berisi cairan pembersih dengan kadar secukupnya. Air sabun dipercaya bisa membersihkan noda pada pelek. Selanjutnya bilas pelek dengan air bersih.

Menggunakan aluminium foil

Aluminium Foil yang biasa digunakan untuk membungkus makanan, nyatanya juga berguna untuk membersihkan pelek 'chrome'. Bahan tersebut juga dapat dipakai untuk mengikis noda pada pelek.

Cara membersihkan pelek menggunakan aluminium foil, sebelumnya bersihkan dahulu pelek dengan air bersih.

Setelah selesai dicuci, buat sedikit 'ramuan' yaitu mencampurkan cuka dan garam. Kemudian basahi aluminium foil dengan ramuan itu. Gosok dengan sedikit memberikan tekanan pada bagian noda yang ingin dibersihkan.

Perlahan-lahan noda itu akan hilang. Jika sudah, bilas kembali pelek dengan air bersih.

Gunakan pasta gigi

Pasta gigi dipercaya bisa membantu menghilangkan kerak karat pada pelek chrome. Caranya, cuci dahulu dan pastikan seluruh permukaan pelek bersih dan kering.

Kemudian oleskan permukaan pelek berkarat dengan pasta gigi secara merata lalu biarkan beberapa menit, namun jangan sampai mengering. Setelah itu gosok pasta gigi tersebut menggunakan lap halus yang kering sampai bersih.

[Gambas:Video CNN]

Minuman bersoda

Jika pelek mobil berbahan aluminium, minuman bersoda bisa menjadi solusi. Caranya kita diwajibkan mencuci pelek sampai bersih lebih dahulu dan keringkan menggunakan lap.

Setelah itu tuangkan minuman bersoda ke permukaan pelek dan diamkan selama sekitar 20 menit. Kemudian gosok permukaan pelek itu menggunakan spoons hingga seluruh noda bahkan karat rontok. Baru setelah itu bilas menggunakan air bersih dan keringkan.

Cairan khusus

Jika pelek mobil masih apik dan belum bernoda, mulailah rutin mengoleskan cairan khusus pembersih pelek. Cairan ini mudah didapat dengan harga puluhan ribu rupiah. Lakukan dua kali dalam satu bulan untuk menjaga kebersihan pelek kendaraan. (ryh/mik)