Kawasaki Garap Motor Listrik yang Bisa Oper Gigi

fea, CNN Indonesia | Selasa, 12/11/2019 11:45 WIB
Kawasaki Garap Motor Listrik yang Bisa Oper Gigi Ilustrasi Kawasaki. (CNN Indonesia/Rayhand Purnama)
Jakarta, CNN Indonesia -- Merek motor identik warna hijau, Kawasaki, baru saja memamerkan motor listrik di EICMA di Milan, Italia (7-10 November) yang lain dari biasanya. Motor listrik yang ditampilkan tanpa bodi itu punya transmisi 4-percepatan.

Desain seperti ini tidak biasa pada motor listrik yang kebanyakan tak punya transmisi. Motor listrik yang bisa oper gigi kemungkinan menjadi jurus Kawasaki menggaet penggila sepeda motor, terutama moge, yang tetap ingin rasa konvensional.

Bahkan Kawasaki juga mendesain area mesin seperti mesin motor bensin konvensional. Ini juga bisa diprediksi agar menyesuaikan desain dari motor-motor dengan mesin pembakaran dalam ke teknologi setrum.


[Gambas:Instagram]

Usai EICMA, Kawasaki juga merilis video di Youtube yang menjelaskan soal motor listrik itu dengan penampilan ber-fairing serta seperti sedang diuji di trek. Di dalam video itu juga memperlihatkan senior manager Kawasaki dari divisi R&D Innovation Departemen, Yoshimoto Matsuda, menjelaskan bahwa perusahaan sudah mengembangkan generasi pertama prototipe motor listrik itu sejak 2000.

Saat ini Kawasaki dikatakan sedang mengerjakan prototipe generasi yang kedua.

"Motor listrik yang Anda lihat di sini punya salah satu mesin generasi baru yang seiring dengan mesin supercharger. Kami telah mengerjakannya sejak awal 2000," kata Matsuda.

Menurut dia Kawasaki telah membuat berbagai paten terkait motor listrik ini mulai dari penampilannya hingga geometri sasis, transmisi, rem jempol, dan sistem regenerasi energi.

"Elemen dari model konsep akan berkembang dan hadir di motor generasi baru yang kami kerjakan. Motor seperti ini pasti bakal membuat Anda tersenyum," ucap Matsuda.

Belum diketahui kapan Kawasaki bakal selesai mengembangkan prototipe motor listrik ini kemudian mengalihkannya ke model produksi. Kawasaki merupakan salah satu merek di konsorsium bersama Yamaha, Honda, dan Suzuki yang mengembangkan standar baterai untuk motor listrik.

[Gambas:Youtube] (fea)