Instagram Uji Coba Hilangkan 'Likes', Indonesia Terdampak

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 12/11/2019 10:19 WIB
Instagram Uji Coba Hilangkan 'Likes', Indonesia Terdampak Ilustrasi (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia -- Instagram tengah melakukan uji coba untuk menghilangkan jumlah likes (suka) pada foto dan video yang diunggah pengguna media sosial itu. Seorang pengguna di Indonesia yang dikonfirmasi CNNIndonesia.com pun sudah terkena dampaknya.

Hal ini diakui Hanna, seorang pegawai swasta. Menurutnya, sejak pagi ini foto yang ia unggah pada akun Instagram miliknya tak lagi memunculkan jumlah likes. Ia pun tak bisa melihat total likes pada akun Instagram teman-temannya. 

"Jumlah likes-nya ngga keliatan, yang ada cuma nama orang yang likes and others," tuturnya kepada CNNIndonesia.com, Selasa (12/11).


Padahal biasanya pada bagian bawah foto tertulis kalau foto itu disukai oleh akun tertentu dan jumlah total orang yang menyukai. Misal, "disukai oleh cnnindonesia dan 1234 lainnya". Pada pengguna yang terdampak, angka 1234 ini menghilang.
Instagram Uji Coba Hilangkan 'Likes', Indonesia TerdampakJumlah total penyuka pos di Instagram milik Hanna menghilang (kiri). Ketika diketuk (kanan), muncul total orang yang menyukai pos dan pemberitahuan kalau jumlah ini hanya bisa dilihat oleh pengguna itu sendiri. (tangkapan layar Instagram)

Namun, ketika kata-kata itu diketuk, pengguna masih bisa menampilkan siapa saja yang menyukai foto yang ia poskan beserta total orang yang menyukainya. Angka total ini hanya muncul jika pengguna melihat statistik pada foto yang ia poskan.

Tapi jika ia melihat foto orang lain, total angka itu tetap tidak keluar. Alih-alih, ia hanya bisa melihat tanda suka dari teman-temannya sendiri (mutual friends) saja.

Hanna sendiri pada pekan sebelumnya sempat berpergian ke Jepang, salah satu negara yang sedang diujicobakan kebijakan menghilangkan likes Instagram ini.

Tapi, memang belum semua pengguna kehilangan jumlah total likes pada foto dan video yang mereka poskan. Ikhsan, pengguna Instagram lain, masih bisa melihat total jumlah likes pada akun Instagram miliknya. Ia pun masih bisa melihat total likes pada foto yang diunggah oleh Hanna. 

Sebelumnya, Instagram telah mencoba menyembunyikan jumlah likes pada beberapa akun selebriti dan influencer di Amerika Serikat (AS) mulai pekan ini.

Instagram masih belum buka-bukaan sial berapa banyak pengguna yang terimbas oleh uji coba ini. Bos Instagram Adam Mosseri ketika dikonfirmasi CNN menyebut bahwa "sebagian" pengguna Instagram akan mulai terdampak sejak awal pekan ini.

Instagram menyebut pengguna yang terdampak akan mendapat notifikasi di aplikasi mereka. Pemberitahuan itu akan menyebut kalau pengguna merupakan bagian dari mereka yang menjadi bagian uji coba menghilangkan jumlah likes.

[Gambas:Video CNN]

Uji coba fitur ini mendapat reaksi beragam. Beberapa selebriti dan influencer memprotes kebijakan tersebut lantaran akan berpengaruh pada tawaran promosi dan perjanjian yang mereka buat dengan para pengiklan. Sementara sebagian selebriti seperti Kim Kardashian mendukung langkah Instagram ini, mengutip Business Insider.  

Instagram telah melakukan uji coba menghilangkan jumlah likes dalam beberapa bulan belakangan. Uji coba dilakukan pada tujuh negara, seperti AS, Kanada, Irlandia, Australia, Jepang, Brazil, Selandia Baru.

Jumlah likes Instagram selama bertahun-tahun telah digunakan selebriti, merek, politisi, dan pengguna harian sebagai salah satu tolok ukur kesuksesan sebuah pos.


----
Catatan redaksi: Berita diubah di paragraf pertama untuk mengklarifikasi jumlah pengguna terdampak, serta di paragraf ke-7 ditambahkan keterangan bahwa narasumber pernah berpergian ke Jepang. 
(eks)