Whatsapp Blokir Grup yang Pakai Nama Mencurigakan

CNN Indonesia | Selasa, 12/11/2019 18:04 WIB
Whatsapp Blokir Grup yang Pakai Nama Mencurigakan Ilustrasi whatsapp. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Layanan aplikasi pesan instan, WhatsApp disebut memblokir sejumlah grup yang dianggap memakai nama yang mencurigakan secara permanen.

Kabar itu pertama kali diunggah akun Mowe11. Melalui akun Reddit pribadinya, dia mengatakan salah satu anggota grup universitasnya mengubah nama grup yang dinilai WhatsApp 'ilegal'.

Tak berselang lama, salah satu layanan milik Facebook itu langsung memblokir grup tersebut dan menutup akses seluruh anggota grup untuk menggunakan akun WhatsApp mereka.


"Saya secara permanen dilarang untuk menggunakan aplikasi WhatsApp karena salah satu orang di grup universitas mengubah nama grup menjadi Childs Pornography," kata Mowe11 seperti dikutip Gizchina.

"WhatsApp mengatakan kami telah melanggar aturan padahal kami tidak melakukan kesalahan. Bagaimana saya bisa membatalkan pencekalan akun?" sambungnya.


Senada dengan Mowe11, pengguna Reddit lainnya PiTiXX mengatakan setelah akunnya ditangguhkan, dia mesti menggunakan nomor lain untuk mendapatkan akses ke WhatsApp.

"Salah satu teman saya juga mengubah nama grup yang dinilai mencurigakanm, akun WhatsApp saya pun ditangguhkan dan saya harus memakai nomor baru untuk tetap terhubung dengan teman-teman saya di WhatsApp," tuturnya.

Menilik Ketentuan Layanan WhatsApp, melalui laman resminya perusahaan akan menangguhkan akun yang dianggap membahayakan baik pengguna maupun WhatsApp sendiri.

[Gambas:Video CNN]

Hal itu tercantum pada Penggunaan Layanan Kami yang Dapat Diterima (Acceptable use of our services) yang menyatakan bahwa pengguna dilarang menyalin, memodifikasi, atau mengeksploitasi layanan yang ditawarkan WhatsApp.

Guna mencegah tindakan yang merugikan pengguna, Gizchina menyarankan kepada admin grup untuk menggunakan fitur baru yakni Pembatasan Info Grup (Group Info Restriction).

Jadi, hanya admin yang dapat mengubah informasi grup termasuk nama grup WhatsApp.

(din/DAL)