Tesla Sudah Putuskan Dirikan Pabrik Baru di Jerman

fea, CNN Indonesia | Kamis, 14/11/2019 05:37 WIB
Tesla Sudah Putuskan Dirikan Pabrik Baru di Jerman Logo Tesla. (AFP PHOTO / Emmanuel DUNAND)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perusahaan mobil listrik asal Amerika Serikat, Tesla, berencana mendirikan pabrik baru di Berlin, Jerman. CEO Tesla Elon Musk menyatakan demikian saat berada di Jerman pada Selasa (12/11) usai menerima penghargaan atas Model 3 yang mengalahkan BMW Seri 3 dan Audi A4.

Bukan cuma itu Musk juga bilang bakal mendirikan pusat desain dan teknik di Berlin yang lokasinya dekat bandara baru Berlin.

"Beberapa mobil terbaik di dunia dibuat di Jerman," ucap Musk di acara yang dihadiri CEO Volkswagen, Audi, dan BMW itu.


Dia mengatakan Jerman 'tidak ketinggalan terlalu jauh' soal mobil listrik, meski begitu dia menyebut pasarnya belum 'terbukti'.

Sesaat usai mengumumkan lokasi pabrik baru Musk menambah informasi melalui akun Twitter. Dia menjelaskan pabrik itu akan memproduksi baterai, motor penggerak, dan kendaraan yang dimulai dari crossover Model Y.


Dalam beberapa tahun terakhir Musk sudah pernah menyatakan ingin mendirikan pabrik Tesla di kawasan Eropa. Saat ini pabrik Tesla atau yang dikenal dengan sebutan Gigafactory berada di Nevada, New York, dan Shanghai. Musk sudah mengungkap ingin mendirikan 10 sampai 12 Gigafactory di seluruh dunia. (fea)