iPhone 12: Bakal Lebih Kecil, Desain Mirip iPhone 5

CNN, CNN Indonesia | Kamis, 14/11/2019 12:01 WIB
iPhone 12: Bakal Lebih Kecil, Desain Mirip iPhone 5 Ilustrasi (AFPTV)
Jakarta, CNN Indonesia -- Apple dikabarkan akan merilis iPhone 12 tahun depan dengan layar yang lebih kecil dan desain mirip iPhone 5. Desain iPhone 5 dikenal dengan pinggiran datar dan tajam. Tidak seperti desain iPhone 6 dan berikutnya yang bagian samping ponsel dirancang melengkung mulus.

Hal ini sedikit di luar kebiasaan perusahaan berlogo apel itu. Sebab, biasanya Apple akan mengeluarkan seri "s" setelah mengeluarkan seri angka terbaru.

September lalu Apple baru saja meluncurkan iPhone 11. Sesuai tradisi, mestinya tahun depan Apple meluncurkan iPhone 11s yang biasanya hanya berisi sedikit perbaikan dari seri sebelumnya.

Namun, alih-alih mengeluarkan iPhone 11s, perusahaan itu diprediksi mengeluarkan iPhone 12. Serupa iPhone 11, ponsel seri anyar ini kabarnya akan terdiri dari iPhone 12, 12 Pro, dan 12 pro Max. Berikut sejumlah kabar seputar iPhone 12.

Ukuran lebih kecil

Analis yang kerap membocorkan rumor tentang produk Apple, Ming Chi Kuo, mengatakan perusahaan yang dipimpin Tim Cook ini juga akan membuat ponselnya kembali ke ukuran yang lebih kecil. Jika iPhone 11 Pro memiliki layar 5,8 inci, iPhone 12 dirumorkan berukuran 5,4 inci.

Dilansir dari BGR, tak heran jika Apple memiliki rencana tersebut sebab banyak pihak yang memperdebatkan bahwa iPhone 4 dan 5 merupakan desain terbaik yang pernah dibuat oleh Apple.

[Gambas:Video CNN]

Desain tepi mirip iPhone 5

Kembalinya Apple menggunakan desain lama ini bisa jadi untuk mengakali ruang internal pada ponsel sendiri. Semakin melengkung maka akan semakin tidak efisien pula ruang yang dimiliki, menurut Forbes.

Seperti yang telah diketahui, model pada ponsel Apple kini memiliki desain tepi yang lebih lengkung selama tiga generasi ke belakang. Namun dilansir dari Cnet, seri terbaru iPhone akan kembali memiliki tepi yang bergaris lebih tajam seperti iPhone 4 dan 5.

Mendukung 5G

Walau belum tersedia dan digunakan banyak orang, Apple sepertinya mempertimbangkan untuk membuat ponsel yang mendukung 5G.

Namun beberapa ponsel premium seperti Samsung Galaxy S10 telah memiliki varian yang mendukung 5G sehingga besar kemungkinan Apple akan melakukan hal yang serupa.

Layar 120 Hz

Apple sepertinya juga akan memfasilitasi penggunanya untuk pengalaman layar yang lebih baik. Peningkatan kecepatan refresh rate layar hingga 120 Hz akan membuat iPhone 12 nyaman untuk dipakai bermain gim.

Ponsel Android Asus ROG Phone 2 dan Razer Phone merupakan ponsel gim yang sudah memiliki layar dengan kecepatan refresh 120 Hz.

Kamera ToF

Setelah meningkatkan jumlah kamera belakang menjadi tiga buah pada iPhone 11 Pro, Apple dikabarkan akan menambahnya menjadi empat dengan tambahan teknologi time-of-flight.

Sensor ini bekerja menggunakan sinar inframerah yang dapat menentukan kedalaman objek yang akan di foto.

Sensor ini memiliki banyak manfaat untuk soal penentuan fokus kamera, salah satunya untuk membuat latar belakang pada foto menjadi tampak bokeh. Selain itu ToF juga dapat membantu pemetaan Augmented Reality (AR).


(eks)