MacBook Pro 16 inci Dijual Mulai dari Rp33 Juta

CNN Indonesia | Kamis, 14/11/2019 14:42 WIB
MacBook Pro 16 inci Dijual Mulai dari Rp33 Juta Ilustrasi MacBook Pro. (AFP PHOTO / Josh Edelson)
Jakarta, CNN Indonesia -- Generasi terbaru dari MacBook Pro kembali dirilis Apple para Rabu (13/11). MacBook Pro 6 inci diklaim Apple sebagai Notebook pro terbaik di dunia karena punya layar yang lebih besar.

Selain itu Apple juga mengklaim sudah meningkatkan kecepatan dan mengganti mekanisme keyboard model lama, yakni kembali menggunakan mekanisme gunting. Harga MacBook Pro 6 dipatok mulai dari Rp 33 juta. 

MacBook Pro 6 ini dirilis merespons keluhan pengguna MacBook sebelumnya yang mengalami masalah pada mekanisme keyboard butterfly. Mekanisme tersebut dianggap tidak nyaman, mudah rusak, dan juga cukup berisik saat dipakai mengetik. 

Mekanisme butterfly dibuat untuk menggantikan mekanisme gunting yang bertujuan untuk mendapatkan desain laptop yang lebih ramping. Namun, Apple kemudian memutuskan untuk kembali ke mekanisme lama. 


Dilansir dari The Verge, Apple telah meningkatkan mekanisme tersebut dengan membuatnya lebih stabil dan lebih kecil. Selain itu pengguna juga dapat mengganti satu tombol yang rusak tanpa mengganti seluruhnya. 

"Pelanggan pro kami memberi tahu kami bahwa mereka ingin MacBook Pro berikutnya memiliki layar yang lebih besar, keyboard notebook terbaik, MacBook Pro 16-inci menghadirkan semua itu dan lebih banyak lagi, "kata Tom Boger, direktur senior Apple untuk Pemasaran Produk Mac dan iPad dalam sebuah keterangan resmi. 

Masil soal keyboard, Apple juga mengembalikan bentuk fisik tombol Escape yang sebelumnya sempat menyatu dalam Touch Bar. 

Hal lain yang baru dan belum pernah ada di produk ini adalah Apple memungkinkan pelanggan untuk mengkonfigurasi MacBook Pro 16 inci ini hingga penyimpanan 8TB dan RAM 64GB. 


[Gambas:Video CNN]

MacBook Pro 16-inci juga dilengkapi dengan enam speaker sound system, masa pakai baterai lebih lama, thermal desain yang lebih baik, Touch Bar, Touch ID, trackpad Force Touch dan Apple T2 Security Chip.

Saat ini, MacBook Pro 16 inci sudah dijual di Amerika Serikat mulai dari US$ 2399 atau Rp33,8 juta untuk kapasitas penyimpanan 512 GB 2.6GHz 6-core 9th-generation Intel Core i7 processor dan US $2799 atau Rp39,5 juta (US$ 1 = Rp14.104). 

Sementara untuk MacBook Pro 16 inci dengan konfigurasi maksimal dijual seharga US$ 6099 atau Rp 86 juta. 

(ndn/DAL)